Sukses

Lifestyle

6 Tanda Orang Ramah yang Ternyata Suka Bersikap Manipulatif

Fimela.com, Jakarta Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering berinteraksi dengan orang-orang yang terlihat ramah dan menyenangkan. Namun, di balik keramahan mereka, beberapa orang mungkin memiliki motif tersembunyi yang manipulatif

Penting diketahui bahwa tidak semua orang yang tampak ramah dan menyenangkan, memiliki sikap yang benar-benar tulus ramah. Beberapa nyatanya berpura-pura ramah karena ia suka memanipulasi karakternya. Memahami tanda-tanda orang ramah yang sebenarnya manipulatif, akan cukup membantu kita menjaga diri dari situasi yang merugikan. 

Berikut ini beberapa tanda orang yang ramah tapi sebenarnya bersikap manipulatif.

Suka Memberi Pujian Berlebihan

Orang ramah yang manipulatif cenderung suka memberikan pujian berlebihan. Ini dilakukan sebagai cara untuk meraih simpati dan memperoleh kepercayaan orang lain. Bisa saja mereka terlalu memuji untuk meningkatkan rasa percaya diri orang lain. Tetapi sebenarnya, mereka hanya mencari cara untuk memanipulasi.

Menunjukkan Perhatian Berlebihan

Orang-orang yang manipulatif sering kali menunjukkan perhatian berlebihan kepadamu. Ini sebagai upaya untuk membuatmu merasa spesial dan terikat padanya. Mereka seolah-olah akan mengabaikan kebutuhan dan keinginannya demi kamu, tapi ini justru dilakukan demi mewujudkan kebutuhan pun keinginannya.

Enggan Menerima Kritik

Orang yang manipulatif cenderung tidak mau menerima kritik atau umpan balik negatif. Mereka mungkin akan merespon suatu kritik dengan amarah atau defensif. Bahkan mereka cenderung mencoba mengubah situasi agar kamu yang merasa bersalah telah mengkritik dan menilai buruk dirinya.

Mengingkari Janji

Orang yang tampak ramah tapi manipulatif, sering membuat janji-janji yang tidak terpenuhi atau tidak realistis. Ini sebagai cara untuk memanipulasi orang lain. Mereka suka berjanji melakukan sesuatu untukmu, tetapi tidak pernah melaksanakannya. Mereka selalu menemukan alasan untuk menghindari untuk memenuhi janjinya. 

Mengalihkan Perhatianmu

Ketika kamu mencoba mengungkapkan kekhawatiran atau keinginanmu, orang yang ramah tapi manipulatif mungkin akan mencoba mengalihkan perhatianmu. Mereka bisa mengalihkan topik yang sedang kamu bicarakan dengan mengubah topik tersebut, atau mencoba mencari permasalahan lain yang lebih membuatmu tertarik.

Muncul Perasaan Tidak Nyaman

Jika kamu merasa tidak nyaman atau terganggu oleh interaksi dengan seseorang, ini mungkin tanda bahwa mereka menggunakan keramahan mereka dengan cara yang manipulatif. Tetap percaya pada kata hatimu mengenai karakter atau sikap seseorang. Sebelum benar-benar memercayai seseorang, kamu perlu lebih bijaksana dalam membaca karakternya. 

Penting untuk diingat bahwa tidak semua orang yang ramah adalah manipulatif, tetapi mengidentifikasi tanda-tanda di atas akan cukup membantumu melindungi diri dari situasi yang merugikan. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading