Sukses

Lifestyle

Baca Buku di KRL: Pengguna Commuter Line Bisa Baca Buku Gratis di Perjalanan

Fimela.com, Jakarta Melanjutkan komitmen Gramedia untuk selalu mendukung pengembangan literasi bagi Nusantara, kini Gramedia berkolaborasi bersama Popomangun, KAI, dan KAI Commuter. Hadirlah sebuah instalasi rak buku di Stasiun Kereta, yang bertajuk ‘Baca Buku di KRL.’

Para penumpang Commuter line dapat merasakan pengalaman baru menjadi lebih menyenangkan selama perjalanan saat di commuter line. Berbagai macam buku yang tersedia secara gratis ini sudah bisa dinikmati oleh para pengguna commuter line sejak tanggal 23 Februari 2024. Buku yang tersedia pada rak instalasi berupa buku cetak dan juga e-book yang dapat diakses melalui aplikasi Gramedia Digital.

 

 

Ambil, Baca, dan Kembalikan

Pengguna commuter line bebas mengambil buku yang tersedia di rak ‘Baca Buku di KRL’, membacanya selama di stasiun ataupun selama perjalanan di dalam kereta, untuk kemudian mengembalikan ke rak yang sama ketika sampai stasiun tujuan. Sesuai dengan tagline "Ambil, Baca, dan Kembalikan" yang terpasang pada rak buku.

Rak buku ini didesain khusus oleh seniman ternama Popomangun, visualisasi ini menampilkan komposisi bentuk organik yang khas ala Popomangun yang beragam dan dinamis yang dimana melambangkan persatuan berbagai macam budaya, serta dengan permainan komposisi warna yang kontras dan vibrant sebagai simbol untuk semangat yang lebih berani.

Fasilitas rak buku ini tentunya memerlukan partisipasi aktif dari banyak pihak untuk tetap bisa dirawat secara bersama, harapannya hal ini dapat meningkatkan budaya baca dengan menghadirkan bacaan yang berkualitas untuk masyarakat.

Komunitas Baca Jakarta Book Party

Instalasi ‘Baca Buku di KRL’ ini memiliki tujuan untuk terus mendorong budaya literasi melalui membaca buku di kereta, dan juga merangsang diskusi serta pertukaran ide melalui media sosial dengan seluruh masyarakat. Masyarakat, khususnya pengguna commuter line, dapat berbagi pengalaman membaca mereka dan merekomendasikan buku kepada sesama pengguna melalui kegiatan 'Baca Buku di KRL'.

‘Baca Buku di KRL’ juga mendapat sambutan baik dari masyarakat maupun komunitas. Pada Tanggal 24 Februari 2024, Gramedia berkolaborasi bersama komunitas baca Jakarta Book Party melakukan kegiatan ‘Baca Bareng di KRL’ yang dilakukan dari dalam kereta sepanjang perjalanan dari Stasiun Jakarta Kota hingga Stasiun Bogor.

 

Baca Bareng di Kebun Raya Bogor

Komunitas dari Jakarta Book Party secara langsung merasakan pengalaman pengambilan buku pada rak yang ada pada Stasiun Jakarta Kota. Selama perjalanan dari Kota Metropolitan hingga Kota Hujan itu, para anggota komunitas terlihat sangat antusias dan menikmati kegiatan tersebut dengan membaca buku. Sesampainya di Stasiun Bogor, para anggota komunitas langsung mengembalikan buku ke rak instalasi ‘Baca Buku di KRL’ yang tersedia pada Stasiun Bogor.

Jakarta Book Party kemudian melanjutkan kegiatan Baca Bareng di Kebun Raya Bogor yang diikuti oleh lebih dari 200 peserta. Selama aktivitas, peserta mengikuti kegiatan silent reading dan juga saling menceritakan kembali buku yang sudah dibaca. Namun kegiatan ini tidak hanya berlangsung di Bogor saja, pada jam 10:00 WIB kegiatan serupa juga dilaksanakan secara serentak pada lebih dari 30 lokasi yang diikuti oleh lebih dari 100 komunitas di area Toko Gramedia dan Semesta Buku.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading