Sukses

Lifestyle

Dari Antipolitik, Atalia Praratya Kini Bawa Misi Keterwakilan Perempuan di Kursi DPR RI

Fimela.com, Jakarta Atalia Praratya memang lebih dikenal sebagai istri Ridwan Kamil yang pernah menjabat sebagai Walikota Bandung dan Gubernur Jawa Barat. Namun di balik popularitas sang suami sebagai pejabat tidak membuat Atalia Praratya tinggal diam.

Selama masa jabatan Ridwan Kamil sebagai pejabat, Atalia Praratya melakukan banyak kegiatan pemberdayaan perempuan di daerah Jawa Barat. Salah satunya menjadi Ketua Tim Penggerak PKK Jawa Barat serta Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Barat. Tak heran, jika istri Ridwan Kamil itu cukup dekat dengan masyarakat Jawa Barat.

Kedekatannya dengan masyarakat membawa Atalia Praratya masuk ke dunia politik secara perlahan tapi pasti. Puncaknya, Atalia secara tegas menentukan langkah masuk ke dunia politik dengan menjadi bacaleg DPR RI untuk Dapil Jabar 1 di Pemilu 2024.

Keputusan Atalia masuk ke bursa caleg bukan tanpa sebab. Ia mengaku ketertarikannya dengan dunia politik dimulai dari 2019 lalu. Di mana kala itu Atalia melihat keterwakilan perempuan di DPR RI kurang dari 30%. Ia pun mengaku prihatin atas kondisi tersebut sehingga ia memutuskan untuk turun langsung menjadi wakil rakyat.

 

Bermisi keterwakilan perempuan di DPR RI

"Pada 2019 lalu ternyata keterisian kursi (perempuan) di DPR RI masih 20,8 persen. Artinya kesiapan perempuan," kata Atalia di Bandung beberapa waktu lalu.

Padahal, Atalia pernah mengungkapkan dirinya dulu adalah antipolitik. Ia menilai politik ketika itu banyak dianggap hanya soal kekuasaan semata. Sehingga ia lebih berfokus pada aktivitas yang bergerak di bidang sosial dan bertemu langsung dengan masyarakat.

"Saya sebetulnya anti masuk ke politik, karena saya itu sebagai perempuan aktivis sosial masyarakat, lebih ke masyarakat, tidak berpikir harus mencapai sesuai karena ada kepentingan tertentu. Tapi saya lupa, ada kepentingan yang lebih luas yang mesti saya perjuangkan," katanya.

 

Raih suara terbanyak di Jawa Barat

Atalia pun menyadari bahwa ternyata ada banyak hal positif yang bisa diraih dengan politik. Politik dapat dijadikan sebagai alat untuk mencapai tujuan dan kesejahteraan. Atalia pun memutuskan masuk ke bursa caleg Pemilu 2024 melalui Partai Golongan Karya atau Golkar.

Tanpa diduga, Atalia Paratya berhasil mencuri perhatian suara paling banyak pada Pemilihan Legislatif 2024 di Daerah Pemilihan Jawa Barat 1. Dari pantauan Fimela pada Selasa, 27 Februari 2024 di laman resmi Hitung Suara Legislatif DPR RI milik KPU, Atalia Praratya berhasil mendapat 86.704 suara.

Atalia sendiri memiliki latar belakang pendidikan yang sesuai dengan bidang sosial yang memang ia minati. Ia merupakan lulusan pendidikan S1 di Fakultasi Sosial dan Ilmu Politik Universitas Parahyangan. Prempuan yang akrab disebut Ibu Cinta itu lulu dari program Doktor Ilmu Komunikasi Universitas Padjajaran dengan yudisium Cum Laude.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading