Sukses

Lifestyle

5 Tips Jitu Buka Bersama, Dijamin Anti Gagal!

Fimela.com, Jakarta Bulan puasa menjadi momentum yang tepat untuk mengadakan acara buka puasa dengan orang-orang tersayang. Memasuki bulan ramadhan identik dengan momen kebersamaan, termasuk saat berbuka puasa. Agenda bukber alias buka bersama menjadi tradisi yang dinanti-nanti, baik untuk menjalin tali silaturahmi dengan keluarga, teman, maupun kolega.

Namun, tak jarang bukber hanya menjadi wacana karena berbagai kendala. Jangan khawatir! 5 tips jitu berikut ini siap membantumu mengadakan bukber anti gagal yang dijamin seru dan berkesan!

Rencanakan Bukber dengan Agenda yang Jelas

Perencanaan adalah kunci utama kesuksesan dalam mengadakan acara, termasuk buka bersama. Terlebih jika yang diundang adalah kawan lama. Tentu perlu mengatur waktu untuk  menyesuaikan dengan kesibukannya. Ada juga yang perlu kepastian biaya yang dilkeluarkan untuk acara bukber. Seringkali kasus persiapaan rencana acara bukber ini dilakukan secara mendadak sehingga membuat teman-teman menjadi tidak bisa ikut acara bukber karena kendala keuangan dan bertabrakan dengan agenda yang mereka miliki. 

Tips: Tentukan waktu ideal, setidaknya sebulan sebelum Ramadhan, agar semua orang punya waktu untuk menyesuaikan jadwal. Sampaikan informasi yang jelas memuat tanggal, waktu, lokasi, dan perkiraan biaya. Ingatkan kembali secara berkala melalui grup chat agar tidak lupa.

Pilih Lokasi yang Strategis

Lokasi seringkali menjadi faktor utama orang-orang jadi enggan untuk ikut buka bersama. Jika jauh dari tempat tinggal, mereka akan merasa rugi waktu di jalan, belum lagi jika lokasi bukbernya rentan macet serta sulit diakses dengan transportasi umum. Kendala mencari mushola atau masjid untuk sholat pun jadi pertimbangan menentukan lokasi. 

Tips: Pilihlah tempat yang mudah diakses dengan transportasi umum, dekat dengan tempat tinggal teman-temanmu, atau di tengah-tengah. Tak lupa pastikan tersedia tempat ibadah, toilet, dan area parkir yang memadai. Jika memungkinkan, pilih tempat yang ramah anak dengan menyediakan area bermain atau menu khusus anak.

Tempat Makan Nyaman dan Lengkap

Terkadang jika sudah menemukan lokasi yang tepat, tempat makannya yang minim fasilitas. Sehingga membuat kurang nyaman teman-teman yang datang. Adapun mungkin tempat yang kurang nyaman bagi yang membawa anak-anak. 

Tips: Cari tempat makan dengan fasilitas memadai seperti AC, Wi-Fi, dan colokan listrik. Pilih tempat yang memiliki suasana nyaman dan tenang agar bisa berbincang dan bersantap dengan santai. Pertimbangkan aksesibilitas bagi penyandang disabilitas.

Budget Pas dan Menu Menggugah Selera

Masalah biaya menjadi kendala dalam mengadakan bukber. Jika biayanya terlalu mahal, teman-teman mungkin merasa terbebani dan tidak jadi ikut. Di sisi lain,  tidak mungkin untuk menurunkan biaya makan dengan menyediakan menu yang biasa-biasa saja.

Tips: Cari menu lezat dengan harga ramah di kantong. Pastikan porsi makanan cukup untuk semua. Lebih baik lagi jika mencari tempat makan yang tersedia menu khusus ramadhan atau promo ramadhan agar suasana ramadhan lebih terasa.

Tetap Laksanakan Bukber Berapapun Jumlah Pesertanya

Jika segala upaya sudah dilakukan untuk mengusahakan acara buka bersama namun ternyata yang ikut tidak sesuai yang diharapkan, tetap laksanakan. Jangan sampai tiba-tiba dibatalkan hanya karena beberapa teman tidak jadi hadir akhirnya semua agenda  runyam. Berapapun jumlah yang datang tetap laksanakan, karena tujuan buka bersama untuk menjalin silahturahmi.

Untuk menghidupi suasana bukber, siapkan beberapa permainan seru untuk menghangatkan suasana dan mempererat kekompakan. Jangan lupa untuk abadikan momen kebersamaan dengan foto dan video untuk kenangan indah. Semoga tips yang diberikan dapat membuat rencana bukber di bulan ramadhan tidak menjadi wacana lagi ya, Sahabat Fumela!

Penulis: Patricia Angelique E.L

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading