Sukses

Lifestyle

5 Strategi Cerdas Mengelola Dana THR agar tidak Boros

Fimela.com, Jakarta Tunjangan Hari Raya atau THR adalah momen yang sangat dinantikan oleh banyak orang, terutama menjelang hari raya Lebaran. Namun, seringkali dana ini habis dengan cepat karena penggunaan yang kurang bijak, terutama saat terjadi lonjakan aktivitas konsumtif dan banyaknya penawaran diskon yang menggiurkan. 

Merencanakan penggunaan dana THR secara matang, dapat menghindari pemborosan dan memastikan bahwa uang tersebut dimanfaatkan untuk keperluan yang benar-benar penting. Sahabat Fimela dapat memastikan bahwa dana THR tidak habis sia-sia dan dapat memberikan manfaat yang maksimal. Selain itu, dengan memiliki kontrol yang baik atas pengeluaran.

Sambut  momen hari raya dengan bahagia dengan bijak mengatur dana THR. Berikut 5 tips yang bisa dilakukan oleh Sahabat Fimela. 

1. Buatlah anggaran

Studi dari Capital One Mind Over Money menunjukkan bahwa individu yang mengalami tekanan finansial cenderung kesulitan dalam membuat anggaran dan merasa sulit mengendalikan pengeluaran mereka. Membuat anggaran merupakan langkah awal yang penting dalam mengembangkan kebiasaan keuangan yang lebih sehat, seperti yang disarankan oleh Biro Perlindungan Keuangan Konsumen (CFPB). Proses pembuatan anggaran dapat dimulai dengan langkah sederhana, yaitu mencatat penghasilan bulanan dari berbagai sumber dan menambahkan pengeluaran bulanan dalam kategori utama seperti kebutuhan hari raya, makanan, dan transportasi. Sahabat Fimela bisa menerka pengeluaran dan meminimalisir hal yang bisa dikurangi melalui anggaran yang dibuat. 

2. Pergunakan untuk zakat dan bersedekah

Bulan yang penuh suci ini alangkah baiknya dimanfaatkan untuk menebar kebaikan terhadap sesama. Terlebih zakat sudah menjadi keharusan untuk dipenuhi umat islam. Mempergunakan THR untuk zakat dan bersedekan akan lebih bermanfaat dibanding membeli hal yang percuma dan tidak dibutuhkan. Selain itu, Sahabat Fimela akan mendapatkan berkah yang akan berdampak pada kehidupan.

3. Tabung sebagian uang yang didapatkan

Sebaiknya sisihkan sebagian dari total dana THR untuk ditabung atau diinvestasikan. Sahabat Fimela dapat memasukkan dana tersebut ke dalam program deposito, tabungan di bank, atau memilih untuk berinvestasi dalam bentuk emas, saham, atau instrumen keuangan lainnya. Tabungan dan investasi dapat membantu merencanakan keuangan masa depan. Serta Sahabat Fimela bisa menentukan tujuan dari menabung itu sendiri. 

4. Menahan godaan diskon

Pada saat menjelang hari raya, seringkali Sahabat Fimela akan tergoda dengan berbagai penawaran diskon besar yang bertebaran di mana-mana. Namun, Sahabat Fimela harus mampu menahan godaan tersebut dan hanya memilih diskon yang memang benar-benar dibutuhkan.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, buatlah daftar kebutuhan yang benar-benar diperlukan untuk merayakan hari raya dengan nyaman dan sesuai dengan anggaran yang telah disiapkan. Saat menemui penawaran diskon, Sahabat Fimela perlu mengevaluasi apakah barang yang ditawarkan sesuai dengan daftar kebutuhan.

5. Simpan untuk dana darurat

Menyisihkan sebagian dari Tunjangan Hari Raya untuk dana darurat merupakan langkah bijak dalam mengelola keuangan. Alokasi sebesar 20% hingga 30% dari total THR dapat membantu membangun cadangan dana untuk menghadapi kebutuhan tak terduga di masa depan. Kehadiran dana darurat sangat penting karena Sahabat fimela tidak pernah tahu kapan situasi darurat akan muncul. Memiliki dana darurat dapat membantu persiapan untuk tantangan keuangan yang tak terduga.

 

Penulis: Naela Marcelina.

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading