Sukses

Lifestyle

Tips Hemat Ramadan Biar Tetap on a Budget!

Fimela.com, Jakarta Ramadhan merupakan bulan suci bagi umat Islam, di mana mereka menahan diri dari makan, minum, serta hawa nafsu lainnya dari terbitnya fajar hingga terbenam.

Di samping menahan hawa nafsu, aktivitas berpuasa juga membawa tantangan tersendiri. Mulai dari bangun sahur, menyiapkan makanan untuk berbuka dan sahur hingga mengatur pengeluaran selama bulan Ramadan.

Di Indonesia sendiri, harga barang-barang pokok (sembako) biasanya mengalami lonjakan. Oleh karena itu, Sahabat Fimela harus pintar-pintar mengatur keuangan, nih. Simak tips hemat ramadhan on budget berikut, ya!

Buat Strategi Alokasi Budget

Sebelum mulai berbelanja, Sahabat Fimela harus memahami kondisi keuangan terlebih dahulu. Buatlah strategi alokasi gaji yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kamu.

Kamu bisa menggunakan metode 50/30/20, yaitu menggunakan 50% gaji untuk kebutuhan pokok, 30% untuk keinginan, dan 20% untuk sedekah dan investasi. Dengan begitu, kamu pun bisa mengatur pengeluaran dengan lebih baik dan tidak boros.

Buat Daftar Belanja yang Jelas

Belanja dalam Jumlah Besar dan Manfaatkan Promo

Salah satu cara untuk mendapatkan harga murah saat ramadhan adalah dengan belanja dalam jumlah besar dan sekaligus. Biasanya, belanja dalam jumlah besar akan mendapatkan harga grosir yang lebih murah daripada belanja eceran.

Selain itu, belanja sekaligus juga akan menghemat waktu dan tenaga kamu, karena kamu tidak perlu bolak-balik ke pasar atau toko. Saat ramadhan, banyak e-commerce yang menawarkan promo dan cashback menarik. Kamu bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan harga yang lebih murah dan hemat.

Bandingkan Harga antara e-Commerce dan Toko

Jika kamu ingin belanja online, kamu perlu membandingkan harga antara beberapa toko yang berbeda. Sebab, setiap produk yang sama bisa memiliki harga yang berbeda di masing-masing toko.

Sahabat Fimela bisa memanfaatkan fitur pencarian atau aplikasi khusus untuk membandingkan harga. Dengan begitu, kamu bisa membeli produk dengan harga termurah dan hemat.

Nah, itulah tips hemat agar alokasi pengeluaran bulan ramadhanmu tetap on budget. Kunci dari strategi keuangan yang berhasil adalah lebih mindful dalam mengeluarkan uang!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading