Sukses

Lifestyle

Life After Diputusin Cowok? Jangan Galau, Masih Ada Harapan Bahagia dengan 5 Ritual Sakti Ini!

Fimela.com, Jakarta Kehilangan hubungan yang penting memang tidak mudah untuk dilupakan. Terlebih lagi kamu dan pasangan sudah berjuang bersama untuk bahagia. Hilangnya hubungan dekat bisa terasa seperti amputasi emosional. Kamu mungkin merasa sedih dan sendirian seolah-olah kehilangan bagian penting dari diri sendiri. 

Beruntungnya, ada beberapa cara ampuh untuk menghilangkan kesedihan dan bikin perasaan jadi lebih happy. Di bawah ini terdapat 5 kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk menjalankan after breakup dan segera merasakan bahagia.  

1. Masak Makanan Favorite

Memasak bisa menjadi terapi efektif bagi kamu yang baru mengalami patah hati. Rutinitas menyiapkan bahan-bahan dan mencampurnya sambil mengikuti resep dengan cermat seolah membawa kamu ke dunia lain yang jauh dari rasa galau. 

Jadi, manfaatkan waktu luang life after breakup untuk eksplorasi aneka resep makanan. Kreasikan kue, roti, hingga makanan berat dengan cita rasa premium. Jangan ragu berbagi hasil kreasi kamu pada kerabat dan teman terdekat. Hadiahi mereka untuk meningkatkan mood kamu yang sedang mengalami life after breakup.

2. Ikuti Kelas Sesuai Hobi Kamu

Mengikuti kelas sesuai dengan hobi yang dimiliki akan menarik rasa bahagia ke dalam diri kamu. Selain itu, mengikuti kelas juga dapat meng-upgrade skill kamu, sehingga waktu yang digunakan akan lebih bermanfaat. 

Lakukan kegiatan ini bersama teman-teman yang memunyai hobi serupa denganmu. Sehingga, bukan hanya perasaan bahagia saja yang bisa didapatkan, tetapi juga penambahan skill yang bermanfaat.

3. Manjakan Diri Kamu

Rasa sedih ketika kehilangan seseorang akan membuat kamu terjebak dalam pikiran negatif, termasuk hal-hal yang merugikan diri sendiri. Tidak ada salahnya, waktu after breakup life kamu gunakan untuk apresiasi atas perjuangan dirimu selama ini. Misal, liburan ke tempat yang indah, mencari makanan yang belum pernah dicoba, jalan-jalan ke tempat hiburan favorite, menonton film, membaca buku, dan sebagainya. 

Jadi, mencintai diri kamu ketika mengalami after breakup life sangatlah penting. Belajarlah menerima kenyataan sekaligus kekurangan diri dengan apa adanya tanpa rasa malu atau bersalah. Percayalah, seiringnya waktu berjalan rasa bahagia akan menjadi pondasi terkuat di dalam diri kamu. 

4. Menjadi Relawan Untuk Masyarakat

Melupakan seseorang yang sudah bersama sejak lama mungkin akan sulit jika tidak melakukan sesuatu. Jangan sampai rasa sedih ini menghilangkan rasa empati kamu untuk peduli dengan lingkungan sekitar. 

Menjadi relawan merupakan kegiatan yang cocok untuk menumbuhkan rasa bahagia saat life after breakup. Kamu akan menemukan hal-hal baru yang mungkin belum dilakukan sebelumnya. 

Selain itu, membantu orang lain akan berguna untuk meningkatkan rasa bahagia kamu. Jadi, meningkatkan rasa peduli kamu sangat penting agar tidak kehilangan jati diri kamu sendiri sekaligus untuk menambah pondasi rasa sayang kamu pada diri kamu.

5. Menulis

Menulis dapat menjadi aktivitas yang sangat bermanfaat bagi kamu yang baru saja mengalami putus cinta. Dengan menuangkan pikiran dan perasaanmu ke dalam tulisan, kamu bisa lebih memahami diri sendiri dan merenungkan masa depan yang diimpikan. Mulailah dengan membuat daftar goals atau target yang ingin dicapai dalam waktu dekat maupun jangka panjang. 

Kemudian, susun strategi spesifik untuk mewujudkan goals tersebut. Misalnya, jika kamu ingin move on dari mantan, tuliskan langkah-langkah konkret yang akan dilakukan. Menulis dapat menjadi terapi yang efektif untuk memahami dan menata kembali kehidupan after breakup.

Pada dasarnya rasa bahagia tidak hanya bergantung oleh kehadiran seseorang. Meskipun kehilangan seseorang adalah bagian dari perjalanan, tetapi bahagia tetap tersedia untuk ditemukan. Jangan ragu untuk menjalani setiap momen dengan penuh makna dan temukan kebahagiaanmu, karena kebahagiaan sejati berasal dari dalam dirimu sendiri.

 

Penulis : Zahra Utami Putri 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading