Sukses

Lifestyle

Peringati International Women’s Day 2024, AXA Financial Indonesia Fokus Pada Inspiring Inclusion

Fimela.com, Jakarta Bagi banyak perempuan, Hari Perempuan Internasional atau International Women’s Day merupakan momen yang penting. Momen yang selalu diperingati setiap 8 Maret tersebut bertujuan untuk merayakan pencapaian sosial, ekonomi, budaya, dan politik perempuan, sekaligus untuk meningkatkan kesadaran tentang isu-isu yang dihadapi oleh perempuan di seluruh dunia.

Perayaan Hari Perempuan Internasional sendiri dimulai pada tahun 1908 ketika sekitar 15.000 perempuan melakukan aksi demo di New York, Amerika Serikat, untuk menuntut peningkatan standar upah dan pemangkasan jam kerja. Pada tahun 1910, Clara Zetkin, seorang pemimpin dalam gerakan hak perempuan, mengusulkan agar setiap negara merayakan satu hari dalam setahun untuk mendukung aksi tuntutan perempuan. 

Tahun ini, Hari Perempuan Internasional atau International Women’s Day 2024 mengangkat tema Inspiring Inclusion. AXA Financial Indonesia tak ketinggalan untuk ikut merayakan International Women’s day yang melibatkan karyawannya. Menurut Niharika Yadav, Presiden Direktur AXA Financial Indonesia, inklusi yang menginspirasi adalah tentang keberagaman dan pemberdayaan untuk mencapai kesetaraan gender. Menciptakan peluang yang setara, lingkungan yang mendukung dan memberdayakan bagi perempuan untuk berkembang merupakan dasar dari hal tersebut. 

“Inklusi yang menginspirasi dapat dicapai melalui tindakan nyata kita untuk mendobrak hambatan, menantang stereotip, dan menciptakan lingkungan di mana semua perempuan dihargai dan dihormati. Dan setiap perempuan harus mempunyai kesempatan yang sama dalam hal karir, pendidikan tanpa memandang jenis kelamin, suku, ras,” ungkap Niharika Yadav.

Proses Kepemimpinan dan Pengambilan Keputusan Sebagai Pilar Inspiring Inclusion

Salah satu pilar dari Inspiring Inclusion, yaitu tentang diversity in leadership dan decision-making position. Menurut Niharika, di AXA Financial Indonesia, pemberdayaan perempuan merupakan salah satu fokus perusahaan dan memberikan peluang bagi karyawan perempuan untuk memasuki proses kepemimpinan dan pengambilan keputusan. Saat ini, demografi karyawan di perusahaan kami 50% perempuan dan 50% laki-laki, tingkat manajerial 38% perempuan dan 62% laki- laki, dan tingkat manajemen 50% perempuan dan 50% laki-laki. 

Niharika menambahkan, “Kami juga menginspirasi rekan-rekan perempuan untuk mengambil tanggung jawab guna mengembangkan diri dan memberdayakan diri. Dengan kemampuan yang dimiliki dan peluang yang kami ciptakan serta budaya kerja yang membina dan mendukung, kami yakin di AXA Financial Indonesia, setiap perempuan dapat menjadi pemimpin dan selalu siap menjadi pengambil keputusan dalam segala situasi.”

Cara AXA Financial Indonesia Menyediakan Lingkungan Inklusif bagi Karyawan Perempuan

Di AXA Financial Indonesia, Niharika mengungkapkan jika pihaknya sangat fokus untuk menciptakan lingkungan inklusif bagi seluruh karyawan. AXA Group berkomitmen penuh terhadap kesejahteraan karyawannya. Di tahun 2024 ini, AXA Group telah meluncurkan Program WeCare dengan memberikan kerangka perlindungan dan dukungan komprehensif bagi seluruh karyawan. Hal tersebut dilakukan oleh AXA Financial Indonesia dengan menerapkan:

  1. Cuti Tambahan untuk
    • Co-parent leave selama 8 minggu
    • Untuk keguguran
    • Mendukung penerimaan dan pemulihan dari perawatan fertilisasi in-vitro (IVF).
    • Karyawan yang mempunyai tanggung jawab perawatan lansia karena kondisi kesehatan atau cacat yang serius
  2. Employee Assistance Program (EAP) yang disesuaikan dengan tambahan cuti selama 5 hari bagi karyawan yang baru pulih dari kekerasan dalam rumah tangga atau kekerasan seksual.
  3. EAP yang disesuaikan untuk karyawan yang mengalami kondisi menopause dan andropause.
  4. Menyediakan mesin penjual otomatis (ApoteCare) untuk persediaan pertolongan pertama yang penting pada situasi darurat selama situasi darurat di kantor 

Niharika yakin berharap untuk melihat semakin banyak kebijakan dan inisiatif yang secara aktif mempromosikan peluang yang setara dan memastikan bahwa setiap masyarakat Indonesia memiliki kesempatan untuk berhasil dalam apapun yang mereka inginkan berdasarkan prestasi dan kerja keras mereka. Bersama-sama kita dapat berupaya membangun masyarakat yang berkeadilan, inklusif, dan memberdayakan masyarakat untuk generasi mendatang.

Tak lupa Niharika juga berpesan kepada para perempuan di Indonesia, “Selalu terapkan di pikiran kita, bahwa setiap kita menetapkan pikiran kita pada sesuatu, kita bisa mencapai apa pun. Kita berada di dunia yang penuh peluang dan kita harus membangun kekuatan mental dan fisik untuk menerima semua tantangan dan peluang.”

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading