Sukses

Lifestyle

Bacaan Niat Sholat Dhuha dan 5 Keutamaan Manfaatnya yang Indah

Fimela.com, Jakarta Memasuki Bulan Ramadan, ada beberapa salat yang mungkin ingin ditambah oleh beberapa orang agar bisa menambah amalan baik selama menjalani puasa. Sholat Dhuha termasuk salah satunya. Sholat Dhuha adalah ibadah salat sunnah yang dikerjakan di waktu pagi hari atau waktu Dhuha, yaitu idealnya antara jam enam sampai jam sembilan pagi atau hingga sebelum masuknya waktu salat dzuhur.

Niat sholat dhuha adalah:

أُصَلِّيْ سُنَّةَ الضُّحَى رَكْعَتَيْنِ لِلّٰهِ تَعَالَى

Ushallii sunnatadh dhuhaa rak'ataini lillaahi ta'aalaa.

Artinya:

Aku niat sholat sunah Dhuha dua rakaat karena Allah Ta'ala.

Sholat dhuha minimal dikerjakan dua rakaat salam dan maksimal dua belas rakaat. Sholat dhuha juga dikerjakan tidak secara berjamaah alias sendirian/munfarid.

Manfaat Melaksanakan Sholat Dhuha

1. Diampuni segala dosa

Salat dhuha memberi keutamaan akan diampuni segala dosanya oleh Allah SWT dan dikabulkan doanya. Bahkan diibaratkan salat dhuha mampu menghapus dosa meski banyak seperti buih di lautan. Ini sesuai dengan hadis yang berbunyi:

"Siapa yang membiasakan salat dhuha, dosanya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan." (HR At-Tirmidzi dan Ibnu Majah).

2. Termasuk kaum yang bertaubat

Melaksanakan salat shuha juga menjadikanmu sebagai kamu Awwabin, seperti dikutip daro Narasi.tv. Kamu Awwabin sendiri merupakan golongan orang-orang yang bertaubat dan memohon ampun kepada Allah SWT.

“Diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata: ‘Rasulullah bersabda: ‘Tidak ada yang menjaga salat Dhuha kecuali orang yang kembali kepada Allah dengan bertaubat.’ Rasulullah bersabda: ‘Salat Dhuha adalah salat orang-orang yang kembali kepada Allah dengan bertaubat’,” (HR al-Hakim dan Imam Muslim).

3. Amalannya setara dengan sedekah

Melakukan salat shuha ternyata dianggap setara dengan sedekah. Hal itu dijelaskan dalam hadis Rasulullah SAW.

"Dari Abu Dzar radhiallahu’anhu, Nabi Muhammad SAW bersabda, "Hendaklah masing-masingmu setiap pagi bersedekah untuk setiap ruas tulang badannya. Maka, tiap kali bacaan tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kebaikan adalah sedekah, melarang keburukan adalah sedekah dan sebagai ganti dari semua itu, cukuplah mengerjakan dua rakaat salat duha." (HR Ahmad, Muslim, dan Daud).

4. Dilindungi dari segala keburukan

Melakukan salat dhuha secara rutin akan membuatmu dijauhkan diri dari segala keburukan duniawi karena adanya perlindungan Allah SWT. Salat dhuha juga dapat menguatkan keimanan dan ketakwaan sehingga apa pun yang akan kamu lakukan akan diarahkan kepada kebaikan dan mencegahmu mendekati bahaya atau petaka yang merugikanmu. Termasuk juga memberi manfaat dimudahkan segala urusan hidup.

5. Dijanjikan pahala dan surga

Dalam sebuah hadis HR. At-Thabrani diungkapkan,

“Barangsiapa yang salat dhuha dua rakaat, maka dia tidak ditulis sebagai orang yang lalai. Barangsiapa yang mengerjakannya sebanyak empat rakaat, maka ditulis sebagai orang yang ahli ibadah. Barangsiapa yang mengerjakannya enam rakaat, maka diselamatkan di hari itu. Barangsiapa mengerjakannya delapan rakaat, maka Allah tulis sebagai orang yang taat. Dan barangsiapa yang mengerjakannya dua belas rakaat, maka Allah akan membangun sebuah rumah di surga untuknya.” (HR. At-Thabrani).

Itu dia niat sholat Dhuha beserta manfaat melakukannya setiap hari, terutama di Bulan Ramadan yang penuh berkah ini.

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading