Sukses

Lifestyle

5 Tips Menyimpan Kue Kering agar Awet Renyahnya, Siap untuk Lebaran!

Fimela.com, Jakarta Kue kering adalah camilan yang sangat disukai oleh banyak orang, terutama saat merayakan hari-hari spesial atau sekadar menemani waktu santai bersama keluarga dan teman. Terlebih, sebentar lagi kita akan merayakan lebaran idul fitri.

Masyarakat muslim umumnya membuat kue kering seperti sagu keju, kastengel, nastar, putri salju, dan lain sebagainya. Biasanya, kue kering dibuat dua minggu atau seminggu sebelum lebaran tiba. Sebab, kalau terlaku mepet, dikhawatirkan tidak mendapat cukup waktu untuk memasak “hidangan berat” seperti rendang, opor, dan ketupat sayur.

Nah, agar kue kering tetap enak dan renyah dalam waktu yang lama, cara penyimpanannya juga perlu diperhatikan. Dalam artikel ini, Fimela akan memberikan panduan lengkap tentang tips menyimpan kue kering agar tetap awet dan renyah.

5 Tips Menyimpan Kue Kering Agar Tetap Awet dan Renyah

Gunakan Wadah yang Tertutup Rapat

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memastikan kue kering disimpan dalam wadah yang tertutup rapat. Wadah yang kedap udara dapat membantu mencegah kelembaban dan udara dari luar masuk ke dalam kue kering, yang dapat membuatnya menjadi lembek dan kehilangan kelezatannya.

Hindari Paparan Udara Langsung

Kue kering sebaiknya tidak disimpan terlalu lama di udara terbuka atau di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Paparan udara dan sinar matahari dapat membuat kue kering menjadi cepat basi dan kehilangan teksturnya. Pilihlah tempat penyimpanan yang sejuk, kering, dan terlindung dari sinar matahari langsung.

Gunakan Silica Gel atau Biji Kopi

Untuk menjaga kue kering tetap kering dan tahan lama, kamu dapat menambahkan beberapa sachet silica gel atau biji kopi yang sudah digiling ke dalam wadah penyimpanan. Silika gel dan biji kopi dapat menyerap kelembaban yang ada di udara, sehingga kue kering tetap renyah dan awet lebih lama.

Hindari Penyimpanan di Kulkas

Meskipun beberapa orang berpikir bahwa menyimpan kue kering di dalam kulkas dapat membuatnya tetap segar lebih lama, namun hal ini sebenarnya tidak disarankan. Udara di dalam kulkas bisa sangat lembab, yang dapat membuat kue kering menjadi lembek dan kehilangan kelezatannya. Lebih baik simpan kue kering di tempat yang sejuk dan kering di luar kulkas.

Perhatikan Batas Waktu Penyimpanan

Meskipun kue kering bisa tahan lama, namun sebaiknya kamu tidak menyimpannya terlalu lama. Kue kering biasanya tetap enak dan renyah jika disimpan dalam waktu satu hingga dua minggu setelah pembuatan. Setelah melewati batas waktu tersebut, kue kering mungkin akan mulai kehilangan tekstur dan kelezatannya.

Melalui tips-tips di atas, diharapkan Sahabat Fimela jadi bisa memastikan kue kering tetap awet dan lezat dalam waktu yang lama. Nikmati kue kering favorit kamu kapan pun kamu inginkan, tanpa perlu khawatir akan kehilangan kelezatannya. Selamat mencoba dan selamat menikmati kue kering yang awet dan lezat!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading