Sukses

Lifestyle

7 Tanda Sikap Orang yang Diam-Diam Tidak Bahagia dan Lelah Hatinya

Fimela.com, Jakarta Setiap orang mungkin memiliki definisi kebahagiaan yang berbeda-beda, tapi terkadang kebahagiaan itu juga bisa dipalsukan oleh beberapa orang demi menyembunyikan kesedihannya di dalam hati. Tidak bisa dipungkiri bahwa ada kalanya beberapa orang tak mau terlihat sedih karena itu akan membuat orang lain khawatir atau karena alasan lain. Jika seseorang sedang diam-diam tak bahagia, terkadang mereka akan sering melakukan sekian hal berikut ini.

1. Toxic positivity

Orang yang pura-pura bahagia akan sering menunjukkan sikap positif. Kita pasti pernah mendengar kalimat "tawa adalah obat terbaik untuk segala kesedihan" atau "fake it until you make it", sayangnya itu terkadang bisa berfungsi sebagai topeng untuk orang yang tidak bahagia. Orang-orang ini sering kali merasa perlu menunjukkan kepribadian yang positif dengan sering bercanda, mudah menertawakan lelucon, menyebarkan keceriaan, atau menunjukkan optimisme yang konsisten. Ini adalah caranya mengalihkan perhatian dari gejolak batin yang berusaha ia atasi.

2. Menarik diri dan menyendiri

Orang yang diam-diam tidak bahagia akan menunjukkan perubahan yang signifikan dari yang semua suka datang ke pesta atau acar-acar kumpul bersama, kemudian sedikit demi sedikit mengurangi interaksi dan sering membuat alasan untuk tidak bertemu. Ketika ia sedang bergulat dengan perasaan tak nyaman di dalam hatinya, ia akan menarik diri dari keramaian sehingga bisa mendengar isi hatinya sendiri. Terkadang tawa orang lain bisa menjadi gangguan yang mereka benci karena ia sadar dirinya tidak sebahagia orang lain di luar sana.

3. Perubahan pola tidur

Perubahan pola tidur bisa menjadi pertanda halus seseorang sedang mengalami kecemasan atau masalah kesehatan mental. Orang-orang yang benar-benar bahagia tidak akan kesulitan tidur di malam hari karena batinnya tenang dan pikirannya tidak sedang banyak beban. Karena itu, ketika seseorang diam-diam merasa tidak bahagia, pola tidurnya sering kali terganggu. Ada dua macam perubahan pola tidur yang bisa dikenali, antara mereka terlalu banyak tidur atau hampir tidak tidur sama sekali.

4. Kehilangan minat melakukan hal yang disukai

Orang yang tak bahagia tapi menyembunyikan hal itu akan kehilangan keinginan melakukan hal-hal yang disukainya. Kenali apa hobi mereka atau kegiatan apa yang membuat mereka paling bersemangat, jika diajak melakukan hal-hal yang mereka sukai dan cintai saja sudah malas, perlu diwaspadai. Orang seperti ini sering kali kehilangan motivasi dan energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Jangan tertipu dengan jawabannya yang "Aku baik-baik saja."

5. Mood swing

Kita semua pasti pernah mengalami pasang surut emosi dan cobaan hidup sehingga memengaruhi perubahan suasana hati. Tapi secara perlahan itu akan kembali normal. Berbeda dengan orang yang diam-diam tak bahagia, mereka secara konstan mengalami mood swing atau perubahan suasana hati yang mendadak. Terkadang ia tampak bahagia, kadang mudah tersinggung, kadang putus asa tanpa alasan jelas. Dan perubahan emosi ini bukan karena pengaruh hormonal seperti datang bulan, hamil dan semacamnya.

6. Menjadi sangat pemalas

Orang yang tidak bahagia tapi menyembunyikannya akan menunjukkan kebiasaan bermalas-malasan yang parah. Ia tidak lagi suka merawat diri, berpakaian asal, jarang mandi, mengabaikan kesehatan, makan sembarangan atau bahkan tidak makan sama sekali. Kondisi rumah atau kamarnya berantakan dan ia tak punya motivasi sama sekali untuk keluar rumah melakukan kegiatan yang ia suka atau bertemu teman-temannya. Tidak ada motivasi untuk mengurus diri sendiri, padahal dulu ia suka melakukan banyak hal.

7. Suka mengkritik diri sendiri

Suka mengkritik dan merendahkan diri sendiri juga menjadi pertanda seseorang diam-diam tidak bahagia. Ia cenderung mengungkapkan hal-hal pesimis dan negatif, baik tentang kehidupan maupun tentang dirinya sendiri. Ia meragukan kemampuannya, cenderung fokus pada kekurangan dan kegagalannya ketimbang hal-hal positif yang ada pada dirinya. Ia juga suka mengeluh dan menyalahkan diri sendiri. Sikap negatif sepert ini biasanya merupakan tanda ia sedang melawan ketidakbahagiaan dalam hatinya.

Itu dia sekian hal yang dilakukan orang yang diam-diam tidak bahagia.

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading