Sukses

Lifestyle

7 Kebiasaan Baik yang Bisa Dilakukan Setelah Sahur

Fimela.com, Jakarta Tak terasa, bulan Ramadan kembali tiba, dan dengan itu, waktu sahur menjadi momen yang sangat berharga. Sebagai perempuan yang sibuk dengan berbagai aktivitas sehari-hari, sahur adalah waktu yang ideal untuk menyiapkan tubuh dan pikiran untuk menjalani puasa seharian penuh. Namun, selain menyantap makanan yang bergizi, ada beberapa kebiasaan baik yang bisa dilakukan setelah sahur untuk memaksimalkan manfaat dari ibadah puasa kita.

1. Beribadah

Setelah selesai sahur, memanfaatkan waktu untuk beribadah adalah kebiasaan baik yang sangat dianjurkan. Membaca Al-Qur'an, melakukan dzikir, atau berdoa merupakan cara yang baik untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Tidak hanya memperkuat spiritualitas, tetapi juga memberikan ketenangan dan kedamaian di dalam hati.

2. Olahraga Ringan

Melakukan olahraga ringan seperti jalan santai atau gerakan yoga setelah sahur dapat membantu meningkatkan energi dan mempersiapkan tubuh untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Namun, pastikan untuk tidak berolahraga dengan intensitas tinggi agar tidak menguras energi secara berlebihan.

3. Membersihkan Diri

Setelah sahur, sebaiknya luangkan waktu untuk membersihkan diri, seperti menggosok gigi dan mandi. Selain menjaga kebersihan tubuh, ini juga memberikan kesegaran dan kenyamanan sepanjang hari.

4. Menyusun Rencana Harian

Setelah sahur adalah waktu yang tepat untuk menyusun rencana aktivitas hari ini. Menetapkan prioritas dan membuat jadwal akan membantu mengatur waktu dengan lebih efektif, sehingga kamu dapat menyelesaikan tugas-tugas dengan baik, meskipun sedang dalam keadaan berpuasa.

5. Membaca Buku atau Artikel Islam

Membaca buku atau artikel yang berisi informasi Islami atau inspiratif setelah sahur dapat memberikan pemahaman baru tentang agama dan meningkatkan keimanan. Selain itu, ini juga bisa menjadi waktu yang baik untuk memperluas pengetahuan dan wawasanmu.

6. Berbagi dengan Orang Lain

Ramadan adalah waktu yang tepat untuk meningkatkan kepedulian terhadap sesama. Setelah sahur, kamu bisa memanfaatkan waktu untuk berbagi makanan atau membantu orang lain yang membutuhkan, seperti memberikan sedekah atau menyumbangkan makanan kepada yang kurang mampu.

7. Mengistirahatkan Tubuh

Terkadang, setelah makan sahur, tubuh masih merasa lelah dan mengantuk. Maka dari itu, luangkan waktu untuk istirahat sejenak sebelum kembali tidur. Hal ini dapat membantu tubuh untuk mendapatkan istirahat yang cukup dan siap untuk menghadapi hari yang panjang.

Dengan mengikuti kebiasaan baik setelah sahur, bukan hanya tubuh yang akan terjaga kesehatannya selama Ramadan, tetapi juga pikiran dan jiwa akan lebih bertenaga dan tentram menjalani ibadah puasa. Semoga artikel ini dapat memberikan inspirasi bagi pembaca untuk memulai kebiasaan baik setelah sahur dan menjalani Ramadan dengan penuh semangat dan keberkahan. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading