Sukses

Lifestyle

Review Buku Menguak Kisah Hebat Para Muslimah Terdahulu

Fimela.com, Jakarta Hidup sebagai perempuan di masa kini memang tak selalu mudah. Ada banyak hal yang perlu dipenuhi, bahkan ekspektasi orang lain bisa menjadi beban sendiri dalam hidup. Meskipun begitu, kita selalu punya kendali untuk membuat pilihan terbaik dalam hidup. Bahkan kita bisa membangun kekuatan mental yang lebih kuat seiring berjalan waktu dan bertambahnya pengalaman hidup kita.

Menghadapi cobaan dan ujian hidup juga selalu menjadi tantangan yang bisa cukup kompleks bagi perempuan. Ketika rasanya kita tak bisa melakukan apa-apa, maka kepada Sang Maha Pencipta-lah kita berserah dan memohon bantuan serta pertolongan. Bahkan di masa-masa paling berat atau bahkan titik terendah hidup, selalu ada cahaya atau lentera yang akan menerangi jalan kita. Kita juga bisa meneladani sosok para muslimah terdahulu yang dalam menghadapi persoalan berat yang kita hadapi. Ada banyak mutiara pesan dan sumber kekuatan yang bisa kita dapatkan dari kisah para muslimah terdahulu dalam menjalani hidup dengan penuh ketakwaan.

 

Kisah Hebat Para Muslimah Terdahulu: Meneladani Perjalanan Aisyah, Khadijah, Fatimah, dan Para Muslimah Hebat Lainny

Judul: Menguak Kisah Hebat Para Muslimah Terdahulu

Penulis: Ririn Astutiningrum

Penerbit: PT Elex Media Komputindo, Jakarta

Kita, muslimah yang hidup di akhir zaman, bisakah menjadi muslimah-muslimah hebat sebagaimana muslimah masa lalu? Dunia sungguh telah berubah . Dulu, dunia masih tenang dan sunyi. Saat ini, dunia begitu ramai oleh beragam fasilitas yang siap menyedot kekuatan keimanan jika kita tak jaga benar-benar.

Banyak dari kita yang telah sering membaca kisah betapa hebatnya para muslimah masa lalu. Para istri Rasulullah, para wanita penghulu surga, para sahabiyah yang namanya harum sepanjang masa, para wanita asbabun nuzul yang menjadi penyebab turunnya ayat Al-Quran, hingga wanita-wanita hebat nusantara. Setiap kali mendengar dada kita senantiasa bergetar, bukan? Betapa ibrah dari kisah mereka mampu menelusuri dan mengaliri nadi darah kita. Betapa kisah mereka selalu membangkitkan semangat juang untuk terus berusaha. Hari ini, esok, dan nanti.

Kita, muslimah yang hidup di akhir zaman, bisakah menjadi muslimah-muslimah hebat sebagaimana muslimah masa lalu? Bismillah. Allah masih memberi kita napas untuk tak berhenti sampai di sini. Allah masih memberi kita waktu untuk mengenang kembali kisah mereka. Allah masih memberi kita kesempatan untuk mengobarkan kembali semangat juang seorang muslimah dengan membaca lagi, dan lagi, kisah hebat para muslimah yang telah lampau.

Kita, muslimah yang hidup di akhir zaman, bisakah menjadi muslimah-muslimah hebat sebagaimana muslimah masa lalu? Ukhti fillah, mari bersama-sama kita bergandengan erat, saling menguatkan semangat, untuk selalu meneladani uswatun hasanah yang beliau-beliau tinggalkan.

***

Kisah Hebat Para Muslimah Terdahulu: Meneladani Perjalanan Aisyah, Khadijah, Fatimah, dan Para Muslimah Hebat Lainnya merupakan salah satu buku yang bisa menambah wawasan kita soal bagaimana para muslimah pada zamannya kala itu menjalani hidup dengan kehebatannya masing-masing. Menghadapi hidup yang berat, ujian serta cobaan hidup yang rasanya tak mungkin bisa diatasi sendiri, hingga berbagai pergolakan batin yang mereka alami menghadirkan inspirasi dan pesan bahwa setiap muslimah pada dasarnya dibekali kemampuan luar biasa untuk bisa menjalani hidup dengan mulia.

Dari sosok Khadijah, kita akan belajar betapa indahnya menjalani hidup sebagai perempuan terhormat yang sangat dermawan. Beliau mendapat gelar at-Thahirah yang artinya perempuan yang menjaga kesucian. Beliau juga memiliki gelar Sayyidatul Makkah yang artinya Sang Ratu Makkah, sebab beliau dikenal sebagai saudagar yang kaya raya. Memiliki hati yang begitu mulia, semasa hidupnya beliau selalu mendukung dakwah sang suami tercinta, Rasulullah SAW. Bahkan sangat murah hati dalam meringankan beban orang lain.

Dari sosok Sarah, kita akan tersentuh dengan betapa besar kesabarannya dalam mendampingi suaminya, Nabi Ibrahim. Ketika di usia mereka yang tak lagi muda, mereka tak kunjung dikaruniai momongan. Walaupun kehidupan pernikahannya berat, Sarah senantiasa ada di sisi suami tercinta tanpa berkeluh kesah. Padahal Sarah sebelumnya memiliki kehidupan sebagai seorang putri raja. Beliau pada akhirnya memilih menikah dengan Nabi Ibrahim yang bukan berasal dari garis keturunan bangsawan seperti dirinya karena mengagumi sosok Ibrahim sebagai yang "penuh cahaya" dalam kegelapan iman yang belum terpecahkan.

Buku ini terbagi dalam beberapa bab: Pemimpin Para Wanita di Surga; Istri Para Nabi dan Wanita Mulia Terdahulu; Wanita Asbabun Nuzul; Shahabiyah Teladan; Para Ilmuwan Muslimah; dan Muslimah Hebat Nusantara. Masing-masing bab memuat ringkasan perjalanan hidup para muslimah hebat yang menjalani hidup dengan kemuliaan. Dilengkapi pula dengan ringkasan tentang pelajaran atau inspirasi yang bisa dipetik dari masing-masing kisah.

Bagi Sahabat Fimela yang ingin menambah wawasan atau mencari inspirasi dari kisah para muslimah hebat, buku ini bisa menjadi referensi yang menarik. Ringkasan dan rangkuman kisah di dalam buku ini bisa menjadi titik awal untuk bisa mengenal lebih jauh tentang para perempuan hebat bertahan di zamannya masing-masing dengan kehebatan dan kekuatan istimewanya. Iman dan takwa pun menjadi kunci penting yang dimiliki untuk bisa menjalani hidup sebagai muslimah hebat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading