Sukses

Lifestyle

7 Cara Sederhana Tampak 10 Tahun Lebih Muda dari Usia Sebenarnya

Fimela.com, Jakarta Seiring bertambahnya usia, secara alami tubuh akan mengalami perubahan atau penuaan. Namun berlangsungnya penuaan pada diri setiap orang bisa berbeda-beda kecepatan maupun prosesnya. Ada orang-orang yang tidak terlihat tua meskipun usia terus bertambah. Mereka biasanya memiliki kebiasaan-kebiasaan tertentu yang membuatnya tampak awet muda bahkan 10 tahun lebih muda dari usia sebenarnya. Hal itu dimulai dari cara atau kebiasaan-kebiasaan baik yang sederhana tapi penting untuk diterapkan. Ini dia sekian cara sederhana tersebut.

1. Potong rambut

Potong rambut, menata dan merawat rambut dengan baik mampu memberikan tampilan lebih segar, cantik, tidak membosanan dan lebih awet muda secara instan. Jangan abaikan power mengubah gaya rambut, termasuk mengubah warna rambut atau memberikan poni ketika selama ini tak pernah melakukannya. Rambut tipis dan lepek juga memberi kesan lebih tua dari usia sebenarnya, sehingga sangat perlu merawat dan menjaga kesehatan rambut agar tampak tebal, sehat dan berkilau.

2. Mengenakan warna cerah

Memilih gaya berbusana juga berpengaruh besar terhadap kesan lebih muda atau lebih tua. Hindari terlalu sering memakai baju warna gelap dan suram. Padukan baju-baju dengan warna kalem dan netral tapi tetap cerah di kulit sehingga mampu memberi kesan segar. Hindari memakai terlalu banyak aksesoris atau perhiasan, dan usahakan memakai baju yang timeless atau gaya sederhana yang tidak mengikuti tren tapi juga tidak akan ketinggalan zaman.

3. Menjaga kesehatan

Menjaga kesehatan secara umum belum termasuk olahraga atau makan makanan sehat. Menjaga kesehatan di sini seperti menghindari rokok, mengurangi begadang, jauh-jauh dari penggunaan obat-obat terlarang dan konsumsi minuman alkohol. Tidur yang cukup dan memangkas kegiatan yang kurang bermanfaat juga bisa jadi cara menjaga kesehatan. Gaya hidup yang sekiranya sia-sia dan hanya buruk untuk tubuh sebaiknya dibatasi bahkan dihindari karena semua itu berperan besar dalam mempercepat penuaan pada tubuh. Menjaga kesehatan juga termasuk kesehatan mental, karena tingkat stres yang tinggi akan membuatmu cepat terlihat tua.

4. Merawat kulit

Hal paling penting lainnya agar tampak awet muda adalah menjaga kesehatan kulit dan melakukan perawatan seperti memakai serum, vitamin, pelembap dan sunscreen. Lakukan apa yang mungkin menjadi kebutuhan kulitmu. Sesekali juga perlu melakukan eksfoliasi agar dapat mendorong wajah memproduksi lebih banyak kolagen dan antioksidan untuk membantu pertumbuhan sel baru, sekaligus membantu menghilangkan lapisan sel kulit mati berlebih. Dengan begini kulit akan terlihat lebih cerah dan segar.

5. Menjaga pola makan

Menjaga tubuh awet muda dari dalam itu perlu, salah satunya adalah memilih apa yang dikonsumsi setiap hari. Perbanyak makan sayur, buah dan biji-bijian untuk memenuhi kebutuhan serat, antioksidan, vitamin, dan mineral, kemudian mengurangi konsumsi gula, minyak, dan lemak hewani. Minum air secara cukup dan teratur juga berpengaruh besar terhadap elastisitas kulit dan tingkat kelembapannya. Jadi jika tak ingin kulit bersisik dan kasar, pastikan menjaga tubuh terhidrasi dengan baik.

6. Olahraga

Olahraga sangat baik dalam membantu menjaga berat badan, fungsi tubuh dan meningkatkan kebugaran. Secara alami tubuh yang berotot, kencang, tetap aktif, energik dan bertenaga memberi kesan awet muda dibandingkan yang sakit-sakitan seperti mudah mengeluh pegal linu di sekujur badan. Jadi rajinlah olahraga sesuaikan dengan usia dan kesibukan sehari-hari, karena kebutuhan latihan fisik setiap orang kemungkinan berbeda-beda.

7. Bahagia

Masih terkait dengan kesehatan mental, memilikicara mengelola stres yang baik itu sangat penting sehingga dapat menjaga diri agar tidak stres berlebihan dan lebih menikmati kehidupan. Tampak bahagia akan secara alami memberikan aura positif dan segar dari dalam tubuh. Lebih banyak tersenyum membuatmu terlihat lebih cantik dan awet muda ketimbang sebaliknya. Jadi jangan lupa melakukan hal yang disuka dan bahagia.

Itu dia sekian cara sederhana tampak 10 tahun lebih muda dari usia sebenarnya

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading