Sukses

Lifestyle

UNIQLO Resmi Buka Toko Pertamanya di Cirebon, Disambut dengan Antusias dan Antrean Panjang

Fimela.com, Jakarta UNIQLO, perusahaan ritel pakaian global asal Jepang membuka toko pertamanya di Cirebon pada Junat 29 Maret 2024. Antusiasme masyarakat Cirebon akan hadirnya UNIQLO pun begitu besar, di mana mereka memenuhi area mall sejak pagi.

Menjadi toko ke-70 di Indonesia, hadirnya UNIQLO di CBS Mall rupanya sudah begitu dinanti dan ini adalah jawaban atas penantian panjang para loyal customer yang sebelumnya harus jauh-jauh ke kota lain untuk mendapatkan produk berkualitas UNIQLO.

"Hari ini ini kami hadir di kota Cirebon dengan membuka toko pertama kami di CSB Mall untuk menjawab antusiasme dari para pelanggan setia UNIQLO di Indonesia sehingga lebih mudah untuk menikmati berbagai koleksi LifeWear yang cocok untuk mendukung aktivitas sehari-hari," kata President Director PT Fast Retailing Indonesia (UNIQLO Indonesia) Naoki Kamogawa, di acara pembukaan toko pertama UNIQLO di Cirebon, Jumat (29/3/2024).

Bicara tentang pembukaan UNIQLO di Cirebon, Director of Corporate Affairs PT Fast Retailing Indonesia (UNIQLO) Irma Yunita, mengatakan jika pembukaan toko kota ini sudah direncanakan sejak lama. Selain potensi investasi yang besar permintaan dari pelanggan dari Cirebon juga menjadi salah satu pertimbangannya.

"Memang customer banyak yang bilang 'Bu kapan buka di Cirebon?' karena mereka memang datang dari sini (Cirebon) terus ke Bandung atau ke Jakarta, jauh banget kan (untuk beli produk UNIQLO). Jadi sekarang mereka senang akhirnya kami bisa hadir di sini," kata Irama kepada perwakilan media yang hadir di pembukaan toko pertama UNIQLO di Cirebon.

Antusiasme yang Besar

Di hari pembukaan toko pertama UNIQLO di Cirebon, masyarakat terlihat memenuhi area depan toko sejak pagi, saat mall belum dibuka. Ya, antusiasme masyarakat Cirebon terlihat begitu besar, bahkan antrean terjadi di depan dan di dalam toko.

Melihat antusiasme tersebut, Irma bersyukur karena UNIQLO akhirnya bisa menjawab keinginan dan kebutuhan masyarakat Cirebon yang menantikan kehadiran produknya yang khas.

Soal produk yang dihadirkan, dibanding memproduksi model busana yang tengah tren, UNIQLO memilih menghadirkan pakaian didesain untuk masa pakai yang panjang. Mereka bahkan menyiapkan servis khusus untuk pelanggan saat produk mereka rusak.

"Kita bikin UNIQLO Studio, itu kita mikirin bagaimana kita ada service yang bisa memperpanjang masa pakai bajunya UNIQLO. Jadi kalau bajunya rusak, 'sini kita benerin', kita kasih embroidery, kita jahit, jadi masih bisa dipakai lagi, enggak usah beli baru. Itu kita pikirin sampai ke situ," tutur Irma.

 

Dukungan UNIQLO untuk UMKM

Dalam perjalanan bisnisnya di Indonesia, sejak tahun 2019 UNIQLO berkomitmen untuk tumbuh bersama komunitas di sekitarnya, dengan turut mempromosikan produk UMKM dalam instalasi dalam toko. Tak lain hal tersebut merupakan keinginan pemilik toko UNIQLO, Tadashi Yanai yang percaya bahwa bisnis yang sustainable adalah yang hidup bareng sama kominutas di lingkungan sekitarnya.

"Ketika kita buka toko, kita selalu kerja sama dengan Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional Daerah) setempat, Dinas Perdagangan, Dinas Koperasi UKM, untuk melakukan kurasi. Jadi nanti kita akan undang, kita kasih kriteria, biasanya craft, kerajinan memang. Kemudian kita akan melakukan kurasi bersama dan nanti UKM terpilih kita tampilkan satu tahun, nanti baru gantian dengan UMKM lain," jelas Irma.

Tak sampai di situ, UNIQLO juga memikiran UMKM lain yang belum berkesempatan untuk mendapatkan benefit dari mereka. "Kita juga memikirkan jangan cuma yang terkurasi saja yang dapat benefit dari UNIQLO, yang lain bagaimana? Biasanya kita bersama Dekranas dari tempat itu mengadakan pelatihan, jadi kita berikan capacity building (program)," ujar Irma.

Irma bercerita memberikan pelatihan seperti menghitung business profit menjadi sebuah pengalaman baru bagi para pelaku UMKM, di mana mereka memiliki pengetahuan baru dan sangat berpengaruh dalam proses jalannya bisnis yang dijalani.

"Sampai (ada) UKM tuh nangis, karena selama ini salah menghitung. 'Kok saya enggak untung-untung?' as simple as that. Ternyata setelah diajari cara yang benar dia baru tahu 'pantesan saya enggak untung'. Itu salah satu contoh pelatihan yang kami hadirkan buat UMKM," kata Irma bercerita.

 

Promo Menarik

Seiring dengan pembukaan toko pertama UNIQLO di Cirebon, berbagai penawaran menarik pun dihadirkan. Pertama, penawaran spesial serta harga khusus untukkoleksi tertentu hadir untuk masyarakat Cirebon dan sekitarnya.

Kemudian, setiap pembelanjaan minimal Rp500.000, pelanggan akan mendapatkan Exclusive Thermal Tumbler terbatas, berlaku kelipatan dan selama persediaan masih ada.

Promo menarik juga hadir untuk para pelanggan yang baru mengunduh dan melakukan transaksi pertama di aplikasi UNIQLO diponsel, di mana mereka akan mendapatkan Welcome Coupon senilai Rp 25.000. Tak sampai di situ, dalam rangka bulan Ramadhan, khusus periode ini UNIQLO memberikan makanan & minuman gratis kepada pelanggan dimulai pada pukul 16.00 WIB, berlaku untuk pembelanjaan berapa saja dan selama persediaan masih ada.

Terakhir, bagi pelanggan dengan pembelanjaan senilai Rp 250.000 akan mendapatkan voucher GrabFood senilai Rp 50.000, berlaku untuk 600 pelanggan di periode ini.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading