Sukses

Lifestyle

Siap Bergulir, Shopee Cup ASEAN Club Championship 2024/25 Jadi Ajang Resmi Antar Klub Pertama di Asia Tenggara

Fimela.com, Jakarta Di tahun 2010 silam, Federasi Sepak Bola Seluruh Asia Tenggara (AFF) menyelenggarakan sebuah pertandingan fenomenal bernama AFF Suzuki Cup. Pada saat itu, Indonesia dan Vietnam terpilih sebagai tuan rumah dari pertandingan akbar tersebut. 

Nggak hanya itu, ajang ini juga memiliki kesan yang selalu diingat oleh banyak masyarakat Indonesia. Bagaimana nggak, sebab saat inilah Timnas Indonesia menunjukkan perjuangan dan kegigihannya yang luar biasa. Bahkan, Indonesia juga berhasil melaju ke babak final dengan catatan pertandingan yang mentereng, salah satunya dapat meraih poin sempurna dan menjadi juara grup A.

Berbeda dengan turnamen AFF sebelumnya, Shopee Cup diselenggarakan untuk mempertemukan klub-klub ternama dari Asia Tenggara. Turnamen ini akan diikuti oleh klub sepak bola asal Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, Filipina, Brunei, Kamboja, Laos, dan Myanmar. 

Chief Commercial Officer (COO) Shopee, Zhou Jun Jie mengutarakan rasa senangnya dapat bermitra dengan AFF. 

“Kami sangat senang dapat bermitra dengan Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF), sebagai sponsor utama dari acara perdana,  Shopee Cup™. Shopee Cup™ menawarkan kesempatan bagi kami untuk terhubung dengan para penggemar di seluruh wilayah Asia Tenggara dan berinteraksi lebih dekat dengan generasi muda. Melalui kerjasama ini, kami berharap dapat memperluas jangkauan Shopee, dan disaat yang sama dapat tetap menghibur dan terus memberikan pengalaman menyenangkan bagi seluruh pengguna,” ujarnya.

Jadi Kerjasama Bersejarah dalam Dunia Sepak Bola ASEAN

Bersamaan, Presiden AFF, Mayor Jenderal Khiev Sameth menyatakan kerjasama ini menjadi hal bersejarah dalam sepak bola ASEAN. 

“Shopee Cup akan menjadi akan menjadi sangat penting dalam menciptakan masa depan yang cerah bagi klub sepak bola ASEAN dan mentransformasi permainan di kawasan ini. Turnamen penting ini akan memupuk aspirasi bagi klub-klub terkemuka di kawasan untuk menjadi juara ASEAN dan tampil sukses di Asia. Kami sangat bangga dapat bermitra dengan Shopee, perusahaan lokal ASEAN yang terkenal secara global dan mitra utama ASEAN Club Championship yang pertama. Bersama-sama, kita membuat sejarah seiring kita membentuk dan mempercepat perkembangan klub sepak bola ASEAN,” ucap Khiev Sameth.

Mayor Jenderal Khiev Sameth juga menambahkan bahwa AFF memberikan apresiasi sebesar-besarnya untuk kemitraan dengan Shopee. “Kami berharap dapat bekerja sama dengan mereka dan Mitra Komersial kami SPORTFIVE, untuk menyelenggarakan acara kelas dunia dan mengembangkan basis penggemar ASEAN ke tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya”, ujarnya.

Bergulir dari Juli 2024 hingga Mei 2025

Turnamen Shopee Cup akan berjalan dalam format liga dengan babak play-off kualifikasi dan babak penyisihan grup. Shopee Cup akan siap bergulir pada tahun ini, tepatnya pada tanggal 17 Juli dan berlangsung hingga tanggal 21 Mei 2025.

Lalu, siapa tim yang bisa mengikuti turnamen ini? Nantinya, tim yang berhasil menjadi pemenang Liga Nasional dan runner up (atau pemenang turnamen) yang bisa mengikuti Shopee Cup. Dari Indonesia, Malaysia, Thailand dan Vietnam masing-masing mengirimkan dua tim.

Sedangkan dari Filipina dan Singapura akan mengirim satu tim. Sedangkan, juara Liga Nasional dari Brunei, Kamboja, Laos dan Myanmar akan bersaing lagi untuk memperebutkan dua jatah di babak grup melalui babak play-off kualifikasi. 

Pertandingan ini nantinya akan membagi 12 klub yang turut serta ke dalam dua grup untuk bermain menggunakan sistem tandang dan kandang. Untuk dua klub teratas akan lolos ke semifinal dan diadu kembali menggunakan sistem yang sama untuk menentukan pemenangnya. Lalu, informasi mengenai format kompetisi, jadwal, hingga klub peserta Shopee Cup™ 2024/25 rencananya akan diumumkan saat Pengundian Resmi di minggu pertama bulan Mei.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading