Sukses

Lifestyle

5 Kepribadian MBTI yang Paling Sopan dan Menghargai Orang Lain

Fimela.com, Jakarta Mengenali seseorang dari kepribadiannya bisa dilakukan dengan banyak cara, salah satunya adalah dengan konsep tes MBTI. MBTI adalah singkatan dari Myers-Briggs Type Indicator. Kepribadian MBTI ini lumayan populer di Korea Selatan karena diyakini lebih mewakili sifat orang-orang. Penilaian MBTI didasarkan pada identifikasi preferensi psikologis yang memengaruhi cara orang memandang dunia dan mengambil keputusan, termasuk dalam menyikapi situasi dan kondisi dalam kehidupan.

Ada 16 tipe kepribadian MBTI yang bisa dibedakan, dan akan selalu ada orang-orang dengan tipe yang sangat sopan dalam bersikap dan berucap. Jika ditelisik, ternyata beberapa tipe kepribadian MBTI ini yang sikapnya paling sopan.

1. INFJ

Tipe kepribadian INFJ (Introverted, Intuitive, Feeling, Judging) adalah orang yang penuh empati dan kasih sayang alami. Ia mengutamakan terciptanya interaksi yang harmonis dan menghindari timbulnya ketersinggungan. Orang INFJ cenderung menyukai ketenangan, kedamaian, keharmonisan dan jarang bersikap kontroversial apalagi memicu konflik dengan orang lain. Kecenderungan alaminya adalah memahami dan menghargai perbedaan serta menyikapinya dalam kesopanan dan perhatian.

2. ISFJ

Orang dengan kepribadian ISFJ (Introverted, Sensing, Feeling, Judging) bersifat pengertian, peduli, merangkul keberagaman dan penyayang. Pemilik tipe MBTI ini cenderung jadi pendengar yang baik, sabar dan sangat sopan. Ia menyenangkan, mudah menerima orang baru dengan baik dan terbuka. Ia memiliki kemampuan analisis yang baik serta perhatian terhadap hal detail. Orang ISFJ menghargai tradisi dan norma, ia memiliki rasa tanggung jawab terhadap segala tindak-tanduknya, karena itulah ia selalu menjaga kesopanan.

3. ENFJ

Orang dengan tipe MBTI ENFJ (Extroverted, Intuitive, Feeling, Judging) adalah sosok karismatik dan diplomatis. Ia menikmati interaksi sosial yang riuh rendah dengan tawa dan aura persahabatan yang kental. Orang ENFJ selalu berusaha menciptakan hubungan yang positif dengan siapa saja. Ia menghargai orang lain dan fokus membangun hubungan yang penuh sopan santun dan beradab. Tipe MBTI ini bahkan suka menolong dan berusaha menyenangkan banyak orang. Ia bijaksana dan dewasa meski sering dianggap terlalu idealis.

4. ESFJ

Orang dengan kepribadian ESFJ (Extroverted, Sensing, Feeling, Judging) adalah orang yang ramah, hangat dan mudah bergaul. Ia juga mudah beradaptasi terhadap situasi dan kondisi apa pun. Orang ESFJ menghargai tradisi, etika, dan keharmonisan sosial, karena itulah ia tumbuh menjadi pribadi yang penuh sopan santun. Sebagai ekstrover, tipe ESFJ cenderung mendapatkan energi karena berinteraksi dengan orang lain. Ia juga selalu membawa energi positif, keceriaan dan kegembiraan yang menular.

5. ISTJ

Orang tipe ISTJ (Introverted, Sensing, Thinking, Judging) cenderung menghargai keteraturan, struktur, dan mengikuti aturan, termasuk etika sosial dan rasa hormat dalam berinteraksi dengan orang lain. Orang ISTJ juga realistis, teratur, rapi, setia, tenang dan bisa diandalkan. Ia mungkin selalu terlihat serius dari luar, tapi sebenarnya memiliki hati yang hangat dan lemah lembut penuh kasih sayang. Atas dasar itulah ia menjadi salah satu tipe MBTI paling sopan dan mudah diterima di semua kalangan.

Itu dia sekian tipe kepribadian MBTI yang memiliki sifat paling sopan. Kamu salah satunya juga, Sahabat Fimela?

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading