Sukses

Lifestyle

7 Minuman Penurun Berat Badan, Bagus Dikonsumsi sebelum Tidur

Fimela.com, Jakarta Berat badan ideal menjadi harapan bagi hampir semua orang, baik itu laki-laki maupun perempuan. Tak hanya risiko terkena penyakit yang bisa menurun, berat badan yang ideal juga bisa mendukung penampilan seseorang dan meningkatkan rasa percaya diri.

Umum cara menurunkan berat badan yang sering dilakukan adalah dengan rutin olahraga dan dan menerapkan program diet. Ketika sedang diet, biasanya sebagaian besar orang terlalu fokus dengan pada makanan yang dikonsumsi.

Nyatanya, tak hanya itu. Konsumsi beberapa jenis minuman, seperti teh hijau, jus timun seledri, dan air kunyit juga cukup membantu dalam proses diet yang sedang diterapkan.  Terlebih, jika  sederet minuman tersebut dikonsumsi menjelang tidur. Berikut penjelasannya, dirangkum dari berbagai sumber.

1. Teh Hijau

Minum teh hijau tanpa gula bisa membantu mengurangi berat badan. Teh hijau tidak mengandung kalori dan dapat meningkatkan metabolisme, sehingga membantu pembakaran kalori. Untuk mendapatkan manfaat maksimal, disarankan minum 2 cangkir teh hijau setiap hari, satu di pagi hari dan satu sebelum tidur di malam hari.

2. Jus Timun dan Seledri

Mengolah timun dan seledri menjadi jus terbukti berpengaruh dalam mengurangi berat badan. Kandungan air dan serat yang tinggi dalam timun, digabungkan dengan berbagai vitamin dan mineral dari seledri, ideal sebagai minuman pendukung diet. Konsumsi campuran ini sebelum tidur juga bermanfaat untuk meningkatkan proses pembakaran lemak selama tidur.

3. Air Fenugreek

Salah satu tumbuhan yang berasal dari kawasan Mediterania, Fenugreek, terkenal akan manfaatnya dalam membantu menurunkan berat badan. Menurut informasi dari sumber tertentu, mengonsumsi Fenugreek sebelum tidur dapat merangsang tubuh untuk menghasilkan panas, yang berguna dalam proses pembakaran lemak. Tidak hanya itu, minuman seduhan dari Fenugreek juga dikenal dapat membantu pencernaan setelah makan.

4. Teh Chamomile

Meminum teh chamomile dapat meningkatkan kualitas tidur dengan membuat tidur menjadi lebih nyenyak dan rileks. Dampaknya adalah mencegah rasa lapar di malam hari karena tubuh merasa lebih rileks dan nyaman saat tidur.

5. Sari Kunyit

Kunyit mengandung banyak antioksidan yang bermanfaat untuk meningkatkan kinerja metabolisme tubuh. Fungsi lancarnya metabolisme dan pencernaan merupakan faktor penting dalam mendukung upaya penurunan berat badan.

6. Kefir

Kandungan prebiotik yang tinggi dalam kefir membantu meningkatkan kesehatan sistem pencernaan. Menurut penelitian, mengonsumsi kefir dapat mengoptimalkan keseimbangan mikrobioma usus, yang pada gilirannya dapat berkontribusi pada pengaturan berat badan yang lebih baik.

7. Jus Anggur

Hasil penelitian menyatakan bahwa jus anggur mengandung resveratrol, sebuah antioksidan yang dapat mengubah lemak putih menjadi lemak coklat yang membantu membakar kalori. Disarankan untuk minum jus anggur ini 1-2 jam sebelum tidur sebagai bantuan dalam menurunkan berat badan.

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Minuman Penurun Berat Badan

Sebelum Tidur Minum Apa?

Meminum air hangat sebelum tidur membantu mencegah tenggorokan kering. Salah satu manfaatnya adalah menjaga tubuh tetap terhidrasi selama tidur malam.

Apa Saja Jus Penghancur Lemak?

Berdasarkan laporan yang diterbitkan oleh NDTV FOOD, terdapat beberapa ragam minuman jus yang dapat mendukung penurunan berat badan, seperti jus wortel, jus mentimun, jus delima, jus semangka, jus jeruk, dan jus nanas.

Jus Apa yang Bisa Mengecilkan Perut Buncit?

Jus semangka, jus delima, jus pisang, jus alpukat, jus apel.

Apakah Minum Air Hangat sebelum Tidur Bisa Menurunkan Berat Badan?

Minum air hangat sebelum tidur dapat mendukung upaya menurunkan berat badan dan membentuk tubuh yang lebih ramping.

Apakah Air Hangat Bisa Menghilangkan Lemak di Perut?

Mengonsumsi takaran air hangat yang tepat juga mampu meningkatkan suhu badan serta mendorong metabolisme, yang berguna dalam meningkatkan proses pembakaran lemak berlebihan di dalam tubuh.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading