Sukses

Lifestyle

6 Tanda Jika Orang Merasa Sirik dan Benci dengan Kesuksesanmu

Fimela.com, Jakarta Kita tak pernah bisa menebak isi hati seseorang, tapi kita bisa memperkirakan apa yang mungkin dirasa oleh seseorang terutama saat melihat kesuksesan orang lain. Akan selalu ada dua macam orang yang merespon keberhasilan atau kesuksesan orang lain dengan cara yang berbeda, yaitu mereka yang ikut bahagia serta memberi selamat, dan yang merasa iri dan benci dengan kesuksesanmu. Menghadapi tipe kedua ini bisa jadi agak merepotkan, tapi tak bisa dihindari. Terkadang orang-orang seperti ini menunjukkan pertanda tertentu yang cukup menyebalkan, ini dia tanda-tandanya.

1. Mengecilkan pencapaian dan prestasimu

Tanda orang merasa iri, dengki bahkan benci dengan kesuksesanmu adalah ketika ia mudah mengecilkan dan menyepelekan kesuksesanmu. Ada kalimat-kalimat tertentu yang keluar dari mulutnya, seperti "Alah cuma segitu saja dibanggain, masih lebih sukses yang ono tuh." Terkadang mereka memamerkan kesuksesan yang bahkan bukan kesuksesan dirinya sendiri, melainkan kesuksesan orang lain, hanya untuk mengecilkan prestasi dan kesukesanmu.

2. Selalu mencari-cari kesalahanmu

Ketika ada seseorang yang berhasil, berprestasi atau lebih unggul di tempat kerja atau lingkungan terdekat, biasanya ada saja yang akan mencari-cari kesalahan dan kekurangan orang yang berhasil tersebut untuk menjatuhkan citra baiknya. Ini tanda jika ada seseorang yang sedang merasa terancam karena prestasi orang lain. Orang yang merasa terancam orang lain biasanya jadi bersikap ketus, sinis dan bahkan susah diajak berpikiran positif tentang orang yang sukses.

3. Mengabaikanmu tiba-tiba

Beberapa orang cenderung menghindari topik apa pun yang ujungnya membahas prestasimu. Ia bahkan dengan sengaja menghindar atau pergi jika ada yang membicarakan prestasimu. Jangan heran juga jika sikapnya yang dulu ramah, murah senyum dan menyenangkan jadi agak ketus, cuek dan dingin terhadapmu. Bisa jadi ia merasa iri dengan pencapaianmu sehingga merasa sirik di tempat kerja atau insecure dengan hidupnya sendiri.

4. Bersikap kasar tanpa alasan

Orang-orang yang merasa sirik atau iri dengan pencapaian orang lain biasanya akan mengalami perubahan sikap yang drastis. Jika dulunya dia baik sekarang menjadi buruk, misalnya bersikap dan berkata-kata kasar tanpa kamu membuat kesalahan. Perubahan sikap seperti ini muncul karena efek persaingan atau kompetitif yang kuat karena kamu dianggap mengintimidasi kemampuan mereka. Mereka mencoba memberikan tekanan sehingga kamu tidak bisa bahagia dengan pencapaianmu.

5. Komentarnya tampak baik tapi tak menyenangkan

Ada kalanya kamu akan menemui tipe orang yang penuh sandiwara dan kepura-puraan, dan itu bisa dilihat dari pujian dan sanjungannya yang tidak tulus. Dari mulutnya mungkin keluar ucapan 'selamat' tapi sebenarnya ia memandangmu penuh kebencian. Mereka terkadang sengaja mendekatimu jika merasa kamu bisa dimanfaatkan atau memberikan keuntungan untuk mereka. Jangan terlalu terlena dengan pujian-pujian yang terasa berlebihan untuk meninggikan egomu, karena bisa jadi itu palsu.

6. Komentar negatif secara langsung

Jangan kaget jika ternyata muncul orang-orang yang menjauhimu dan mulai menyebar komentar negatif atau menyebar rumor-rumor tak jelas. Kamu mungkin menjadi bahan pembicaraan dalam geng pergosipan, itu muncul karena mereka merasa sirik dengan keberhasilanmu. Tentu tak menyenangkan mengalami hal ini, tapi bersabarlah dan tak perlu buru-buru mengklarifikasi jika belum perlu dan tidak sampai mengancam jiwamu.

Meskipun tidak menyenangkan menghadapi orang-orang seperti itu, tapi itulah sekian tanda orang merasa sirik, benci dan terancam dengan kesukesanmu. Bersabarlah menghadapi orang-orang seperti ini.

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading