Sukses

Lifestyle

Review Buku Kepribadian Berdasarkan MBTI

Fimela.com, Jakarta Membahas soal karakter atau kepribadian seseorang selalu menarik. Bahkan kita pun selalu ingin tahu lebih baik diri kita melalu tipe tertentu yang bisa kita cari tahu sendiri. Salah satu tipe kepribadian yang paling populer saat ini adalah MBTI (Myers-Briggs Type Indicator). Selama ini kita mungkin sudah cukup familier dengan istilah introvert dan ekstrovert. Melalui tipe kepribadian MBTI, kita bisa tahu lebih detail lagi tentang berbagai karakter kita dalam lingkup introvert dan ekstrovert.

Saat ini kita bisa mencari tahu tipe kepribadian MBTI kita melalui web atau situs yang bisa langsung kita akses di internet. Biasanya akan ada sejumlah pertanyaan yang perlu kita jawab dengan menetapkan skor tertentu. Dari situ kemudian kita akan mendapat hasil tipe kepribadian kita berdasarkan jawaban-jawaban yang kita berikan dalam tes tersebut. Setelah mengetahui tipe kepribadian kita, kita bisa mencari tahu lebih detail tentang tipe tersebut. Buku Kepribadian Berdasarkan MBTI ini pun hadir untuk memberi kita wawasan tentang 16 tipe kepribadian MBTI. Melalui buku ini kita bisa mengenal karakter diri kita dengan sudut pandang yang menarik. Sekaligus memberi wawasan tentang tipe kepribadian lain yang dapat membantu kita mengenal karakter orang-orang di sekitar kita.

Buku Kepribadian Berdasarkan MBTI

Judul: Kepribadian Berdasarkan MBTI

Penulis: Kim Sona

Ilustrator: Han Sejin

Editor: Cici Hardjono

Alih Bahasa: Citta Ananda Lestari

Adaptasi perwajahan sampul: Suprianto

Adaptasi perwajahan isi: Fajarianto

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Cetakan kelima: September 2023

Sudah tak zaman lagi menghubungkan kepribadian seseorang dengan golongan darahnya. Kita hidup di zaman MBTI (Myers- Briggs Type Indicator), alat yang jauh lebih akurat dan andal untuk membantu memahami berbagai jenis kepribadian. Buku ini mengeksplorasi 16 tipe kepribadian MBTI secara rinci, berisi banyak informasi dan contoh untuk masing-masing tipe, dan menyertakan ilustrasi Marimong yang menggemaskan yang akan meluluhkan hatimu.

Apakah kamu seorang introver atau ekstrover? Seorang pemimpi atau seorang realis? Apakah kamu berpikir rasional atau membiarkan perasaan mendikte pikiranmu? Apakah kamu merencanakan sebelumnya atau hanya mengikuti arus? Menjawab pertanyaan seperti itu akan membantumu menemukan tipe kepribadianmu atau seseorang yang kamu kenal, yang akan membantumu mendapatkan wawasan berharga tentang mengapa orang tertentu berperilaku dengan cara tertentu.

Setiap orang berbeda, dan mengetahui tentang ke-16 tipe kepribadian MBTI dapat membantu kita lebih memahami dan menerima orang lain serta pilihan dan tindakan yang mereka lakukan.

***

"MBTI adalah kependekan dari Myers-Briggs Type Indicator, tabel tentang berbagai jenis sifat manusia berdasarkan tipe sifat manusia menurut teori tentang kepribadian manusia di buku Psychologische Typen oleh Carl Jung pada 1921. MBTI memiliki berbagai fungsi. Selain sebagai standar utama dalam menilai kepribadian, indikator ini juga bisa digunakan dalam menilai karakter untuk memilih karier di masa depan. Akan tetapi, penting bagi kita untuk menghindari ketergantungan atau keyakinan berlebih terhadap indikator ini, karena ini bukanlah teori resmi." (hlm. 10)

"I (introversion) dan E (extroversion): Perbedaan cara mengisi tenaga dan arah energi kehidupan." (hlm. 13)

"Mereka yang memiliki bentuk karakter yang sama, tidak pasti seratus persen mirip. Mari kita pahami perbedaan orang lain dengan kita secara fleksibel." (hlm. 18)

"... karakter ISTJ bisa digambarkan sebagai karakter yang dari luar terlihat seperti orang yang rajin, tetapi dalam hati dia hanya ingin hidup dengan memenuhi standar yang dibuatnya sendiri." (hlm. 25)

"Sekilas, karakter ISFJ terlihat seperti malaikat yang kaya rasa toleransi dan keramahan, tetapi di dalamnya dia memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi untuk menyelesaikan tugasnya sebaik mungkin." (hlm. 42)

Buku yang dilengkapi dengan ilustrasi lucu dan menggemaskan ini memberi pandangan umum tentang 16 tipe kepribadian MBTI. Tidak ada tes yang bisa kita coba untuk mencari tahu tipe kepribadian kita di buku ini. Akan tetapi, ada sejumlah gambaran dan penjelasan menarik tentang masing-masing tipe kepribadian yang bisa kita baca di buku ini.

Ada baiknya kita lebih dulu mencari tahu tipe kepribadian kita atau orang-orang di sekitar kita sebelum membaca buku ini. Harapannya agar kita tidak terlalu bingung untuk mengenali diri atau orang lain berdasarkan tipe kepribadian MBTI-nya.

Masing-masing tipe kepribadian pun digambarkan dengan karakter-karakter tertentu. Seperti ISTJ yang bagaikan Si Tupai yang Rajin, ISFJ bagaikan Si Cinderella yang Ramah, ESFP bagai Si Paus yang Periang, hingga ENTJ bagai Si Master Catur yang Selalu Menang. Penggambaran karakter ini memudahkan kita memahami masing-masing tipe kepribadian yang ada.

Penjelasan-penjelasan tentang setiap tipe kepribadian di buku ini masih memperlihatkan sejumlah stereotip umum. Kita perlu lebih bijaksana dalam membaca penjelasan-penjelasan dalam buku ini. Tak perlu kaku dalam menerima kelebihan dan kekurangan diri yang dijelaskan berdasarkan tipe kepribadian MBTI. Karena pada dasarnya tiap orang bisa berubah dan berkembang. Bahkan hasil tes kepribadian MBTI yang kita ambil di waktu yang berbeda bisa memberikan hasil yang berbeda berdasarkan pengembangkan karakter yang kita alami. Cukup ambil poin-poin penting atau pahami hal-hal yang sekiranya bisa membantu kita bertumbuh dan berkembang dengan lebih baik lagi.

Bagi Sahabat Fimela yang ingin mengenal orang-orang terdekat melalui tipe kepribadian MBTI, ada sejumlah tips praktis yang juga bisa dicoba melalui buku ini. Bahkan dalam soal pertemanan hingga percintaan, ada sejumlah kiat umum yang dapa dicoba untuk membangun hubungan sosial yang lebih baik lagi.

Siapa pun yang tertarik untuk memahami tentang kepribadian dan karakter seseorang, buku Kepribadian Berdasarkan MBTIini bisa menjadi referensi yang menarik. Buku ini juga bisa menjadi salah satu media yang dapat membantu kita untuk mengenal diri sendiri lebih baik serta membantu kita menavigasi kehidupan kita dengan cara lebih mudah nan bermakna.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading