Sukses

Lifestyle

Mengenal Sosok Thandiwe Chama, Seorang Aktivis Pendidikan di Zambia yang Kisahnya Begitu Menginspirasi

Fimela.com, Jakarta Thandiwe Chama adalah seorang aktivis hak pendidikan asal Zambia, yang memulai kariernya ketika sekolahnya ditutup karena kekurangan guru. Meskipun ia baru berusia delapan tahun saat itu, Thandiwe membantu memimpin teman-teman sekelasnya dalam mencari sekolah baru, dan ia terus melanjutkan aktivismenya sejak saat itu.

Thandiwe dibesarkan di Zambia, di mana epidemi HIV/AIDS sedang berkecamuk pada saat itu dan negara tersebut menderita akibat buruknya. Banyak orang meninggal pada masa ini, termasuk beberapa guru Thandiwe. Hal ini menyebabkan kekurangan guru dan sekolah terpaksa ditutup. Hak atas pendidikan dipertaruhkan.

Thandiwe percaya pendidikan sangatlah penting. Ini adalah hak dasar setiap anak. Dia dibesarkan di lingkungan miskin di Zambia dimana banyak anak, terutama perempuan, tidak memiliki akses terhadap pendidikan. Selain itu, fasilitas di sekolah sedikit atau buruk. Thandiwe ingin mengubah ini.

“Kita tidak dapat mencapai pembangunan berkelanjutan tanpa memastikan bahwa hak-hak saya, pendidikan saya, dan kesehatan saya sama pentingnya dengan hak saudara-saudara saya.” kata Thandiwe.

Langkah Awal Thandiwe untuk Memperjuangkan Hak Pendidikan Teman-temannya

Thandiwe berusia 8 tahun ketika sekolahnya terpaksa ditutup karena banyak guru yang meninggal. Dia memotivasi 60 anak lainnya untuk berpartisipasi dalam demonstrasi ke sekolah lain, untuk menuntut hak mereka atas pendidikan dan meminta untuk diterima di sana. Pawai tersebut berhasil dan seluruh 60 anak diterima. Ini hanyalah langkah pertamanya dalam memperjuangkan hak teman-temannya dan dirinya sendiri.

HIV/AIDS adalah salah satu hal yang Thandiwe kerjakan dengan keras. Dia ingin berkontribusi untuk masa depan dimana virus HIV sudah tidak ada lagi. Menurut Thandiwe, perubahan ini dimulai dari anak-anak. Ia yakin semua anak harus mengetahui apa itu penyakit AIDS, cara penanganannya, dan cara pencegahannya. Karena alasan ini, dia menulis buku anak-anak; The Chicken with AIDS, buku tentang ayam pengidap AIDS yang menulari bebek. Buku ini sekarang digunakan di beberapa sekolah untuk memberikan informasi kepada anak-anak tentang AIDS.

Salah satu hal yang Thandiwe curahkan banyak waktunya adalah aktivitas perubahan lokalnya. Misalnya, dia berbicara dengan beberapa temannya di gereja dan di bidang urusan masyarakat tentang HIV/AIDS. Dengan melakukan hal ini, mereka berharap dapat semakin mendobrak tabu mengenai HIV/AIDS dan menciptakan lebih banyak kesadaran mengenai topik ini di Zambia.

“Jika bukan kamu, lalu siapa? Kalau bukan aku, lalu siapa? Jika tidak sekarang lalu kapan?"

Berkat Kerja Kerasnya, Thandiwe Mendapatkan Penghargaan Perdamaian Anak Internasional pada Tahun 2007

Dengan bantuan KidsRights Care and Study Fund, Thandiwe mengikuti pendidikan menengah di Zambia, di mana dia bekerja keras untuk mewujudkan mimpinya menjadi perawat.

KidsRights mendukung Thandiwe sebagai pembuat perubahan dalam perjuangannya untuk dunia tanpa HIV/AIDS dan pendidikan dapat diakses oleh semua anak. KidsRights telah menggunakan Dana Proyek Children’s Peach Prize 2007 untuk mendukung Thandiwe dalam perjuangannya untuk hak atas pendidikan dan menyebarkan informasi tentang HIV/AIDS.

Sekolah Thandiwe, Sekolah Jack CECUP, tidak memiliki atap dan jendela ketika dia memulai kelasnya di sana. Berkat Dana Proyek Hadiah Perdamaian Anak-anak, ruang kelas ditambahkan dan sekolah dilengkapi dengan komputer dan perpustakaan; Perpustakaan Thandiwe. Selain itu, ruang kelas telah didirikan sebagai laboratorium sains dengan peralatan untuk berbagai eksperimen ilmiah. Hal ini memberikan kesempatan kepada anak untuk mengembangkan bakatnya dengan berbagai cara.

Thandiwe adalah anggota pendiri The KidsRights Youngsters; sebuah platform advokasi dan peningkatan kesadaran unik yang dipimpin oleh kaum muda bagi para pemenang Penghargaan Perdamaian Anak Internasional, yang bertujuan untuk mewujudkan hak-hak anak sebagaimana dituangkan dalam Konvensi Hak-Hak Anak. Sebagai pemimpin muda pembuat perubahan, mereka bertindak secara lokal, berbicara kepada para pemimpin dunia, mempengaruhi kebijakan, dan melibatkan anak-anak dan remaja di seluruh dunia. Apa yang telah dicapai oleh anak-anak muda inspiratif ini sungguh menakjubkan. Akan tetapi hal ini hanyalah permulaan. Dengan dukungan kami, ambisi mereka untuk mengubah dunia menjadi tidak terbatas.

Thandiwe telah menjadi pembicara populer tentang hak-hak anak di konferensi internasional. Dia telah berbicara di beberapa acara penting di Kenya, Afrika Selatan, Paris dan New York. Dia mempunyai kesempatan untuk berbicara.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading