Sukses

News & Entertainment

Eza Yayang Batasi Penggunaan Gadget pada Anak

Fimela.com, Jakarta Mantan penyanyi cilik yang kini lebih banyak berkecimpung di dunia sinetron, Eza Yayang memiliki aturan khusus terhadap penggunaan gadget pada anaknya. Aquilla Arabella Zakey, putrnya yang kini berusia 3 tahun hanya diperbolehkan memegang gadget saat akhir pekan.

Bukan tanpa alasan, pria 37 tahun itu menilai penggunaan gadget yang berlebihan pada anak-anak bisa memberikan banyak dampak buruk. Eza mengaku tak ingin anaknya jadi 'anti sosial' lantaran terlalu banyak berinteraksi dengan layar handphone.

"Ya (membatasi gadget), hanya Sabtu sama Minggu, dan 2 jam. Pertama ya nggak bagus, radiasi, nggak bagus untuk mata. Yang kedua, jadi nggak ngobrol sama orang," ungkap Eza Yayang di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Senin (10/6/2019).

Meski begitu, aturan yang demikian tetap memiliki pengecualian. Terkadang, Eza dan istrinya, Ketty Katalya Shufiyani terpaksa memberikan gadget ketika sang anak sedang rewel. Namun tetap, hal tersebut tidak berlangsung lama.

"Tapi kadang (gadget) ampuh juga buat nyuruh (anak) diam, dikasih nonton 10 menit aja. Nonton 10 menit, dicicil boleh," tuturnya.

Yang pasti, saat sang anak menggunakan gadget, sebisa mungkin ia dan istrinya selalu mengawasi. Gemar mengakses YouTube, Eza memastikan sang anak hanya mengakses tontonan yang memiliki nilai-nilai pendidikan di dalamnya.

"Tontonan bocah, biasanya yang warna-warnanya coloring gitu, edukasi pendidikan, yang kocak. Kalau bahasa dari luar indonesia dia suka niru, kayak bahasa Thailand," pungkas Eza Yayang.

Loading