Sukses

Entertainment

5 Fakta Tersembunyi November Rain, Hits Guns N Roses yang Melegenda

Fimela.com, Jakarta Frasa November Rain secara ajaib kerap terngiang-ngiang saat bulan ke-11 ini datang. Bahkan setelah tiga dekade berlalu sejak pertama rilis, masterpiece milik Guns N Roses ini tetap mendatangkan nostalgi.

Bagi pecinta musik rock pada umumnya, lagu ini jadi tembang ikonik di era 90. Dari lagu ini nama Guns N Roses menjangkau pendengar yang jauh lebih luas, meski di kalangan musisi rock lagu ini dinilai cukup 'membingungkan'.

Bagaimanapun, November Rain akan selalu dikenang sebagai salah satu memento dari era yang sering dibilang sebagai momen kejayaan musik. Untuk tahu lebih jauh tentang lagu ini, simak beberapa fakta menarik tentangnya.

Firasat Kuat

Axl Rose, pentolan Guns N Roses mulai menemukan nada-nada lagu ini sejak tahun 1983. Ia terngiang terus dengan lagu tersebut dan sering memainkannya dengan piano.

Menurut Tracii Guns, mantan gitaris Guns N Roses, Axl sudah punya firasat kuat jika lagu ini akan jadi 'sesuatu'. "Suatu saat lagu ini akan jadi lagu yang sangat keren," kata sang vokalis yang saat itu masih mencoba merampungkan November Rain.

Scene Ikonis

Guns N Roses sepakat untuk total dalam menggarap single November Rain. Single ini dirilis pada Februari 1992, dari album mereka Use Your Illusion yang sudah diluncurkan setahun sebelumnya.

Angka fantastis digelontorkan untuk pembuatan video klip yang ikonis dan melegenda ini. Tak kurang dari 1,5 juta dollar Amerika Serikat digunakan untuk proses syuting MV ini, dengan budget terbesar untuk membangun gereja di tengah gurun pasir yang jadi scene ikonis di lagu ini.

Live Performance?

Adegan menarik lainnya adalah ketika para personel Guns N Roses tampil di hadapan lautan penonton membawakan lagunya. Meski terlihat sangat nyata, tapi nyatanya scene itu bukan cuplikan dari salah satu konser mereka.

Scene tersebut adalah bagian dari syuting klip, di mana Axl Rose dkk hanya 'berpura-pura' tampil live, selayaknya video klip pada umumnya.

Inspirasi Video Klip

Jalan cerita di video klip November Rain sedikit banyak terinspirasi dari sebuah cerita pendek. Karya itu ditulis oleh Del James, yang ia beri judul Without You.

Karya itu bercerita tentang seorang musisi blues yang mencoba bertahan setelah pacarnya berusaha melakukan bunuh diri. Del James juga terlibat dalam penulisan beberapa lagu Guns N Roses lainnya. 

Versi Asli

November Rain sejauh ini telah disaksikan lebih dari 1,4 miliar kali di YouTube, mengalahkan Sweet Child O' Mine yang juga tak kalah legendaris. Berdurasi 9 menit, MV tersebut cukup menarik perhatian di kala itu.

Lagu ini diakhiri dengan fade out, dan ternyata memang bukan versi asli. Karya original November Rain ciptaan Axl awalnya berdurasi 25 menit, tapi setelah proses editing jadi 8.59 menit. 

Simak juga video menarik berikut:

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading