Sukses

Parenting

Cara mudah atasi cegukan pada bayi

Fimela.com, Jakarta Ibu baru biasanya akan masih bingung saat mengasuh bayi. Nah, salah satu kejadian yang bikin panik adalah saat si kecil cegukan.

Cegukan sendiri adalah bentuk dari kejang otot ringan yang terjadi di area perut. Kejang tersebut kemudian menghalangi jalannya udara dari tenggorokan ke diafragma, sehingga setiap kali bernafas, ada angin yang terbawa oleh kejutan-kejutan otot.

Menghentikan cegukan pada orang dewasa tak sama seperti menghentikan cegukan pada bayi. Saat cegukan, orang dewasa cukup menahan nafas selama beberapa detik saja maka cegukan bisa hilang. Tapi sungguh berbeda dengan bayi. Lalu, apa sih yang harus dilakukan?

  • Cara termudah yang bisa dicoba adalah memberikan pijatan lembut pada punggung bayi. Tidak perlu menggunakan minyak apapun, hangat tanganmu akan bisa meredakan cegukan yang ia alami.
  • Jika ia cegukan saat sedang makan atau minum ASI segera hentikan.
  • Bayi perlu waktu berhenti sebentar saat ia cegukan agar tak sampai muntah.
  • Bayi bisa cegukan saat tak sengaja udara masuk ke mulutnya ketika minum susu. Untuk itu, ubah posisi menyusui, sehingga dapat membatasi udara yang ikut masuk ke dalam mulut bayi.

Yang jelas, ibu tak boleh panik dan harus tetap tenang. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

;
Loading