Sukses

Parenting

Anak susah tidur siang, ibu harus bagaimana?

Fimela.com, Jakarta Tidur siang merupakan hal yang penting bagi balita. Kadang kala ibu kerepotan saat si kecil harus tidur siang. Memang dibutuhkan sedikit trik dan kesabaran. Apalagi untuk mengajak tidur siang. Karena ada kalanya mereka tak juga ngantuk. Lalu, apa sih yang sebaiknya dilakukan ibu?

  • Nah, cara pertama yang bisa dicoba adalah menggendong si kecil. Ibu bisa mencoba membelai dan menggendong anak. Menyanyikan lullaby juga bisa jadi nilai plus lho. Si kecil akan mengantuk dan cepat terlelap.
  • Untuk membuat si kecil rileks, ibu juga bisa meletakkannya di tempat tidur yang berayun. Berikan buaian dan si kecil akan lebih cepat tertidur lelap.
  • Menemani si kecil tidur juga bisa jadi cara efektif, ibu pura-pura tidur atau benar-benar tidur ternyata bisa membantu si kecil lebih mudah tidur dan merasa nyaman ketika berada di dekat orangtuanya.
  • Kondisikan lingkungan jangan sampai terlalu bising karena bisa mempengaruhi pikiran si kecil.
  • Ibu juga bisa membacakan dongeng dengan suara lembut agar si kecil merasa terbuai dan cepat mengantuk.

Balita memang kadang susah tidur siang. Ini karena pada usia tersebut ia sedang tertarik dan semangat-semangatnya mempelajari apa yang ada di sekelilingnya. Rasa ingin tahu mereka sangat besar dan membuatnya enggan tidur siang karena tak ingin melewatkan momen-momen menarik saat tidur siang. Namun, tidak tidur siang kadang menyebabkan si kecil tantrum.

Tapi satu hal penting yang harus diingat adalah jangan memaksa anak untuk tidur dengan cara yang keras. Berikan pengertian yang baik dan cara yang lembut.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading