Sukses

Parenting

Tips jadi teman dekat anak meski sibuk bekerja

Fimela.com, Jakarta Sesibuk apapun orangtua, urusan anak haruslah tetap jadi yang utama. Peran menjadi orangtua tidaklah sesederhana mendidik dan membiayai kehidupan mereka. Tentu banyak sekali hal-hal yang harus diperhatikan seiring dengan tumbuh kembang anak.

Satu hal penting yang harus selalu dibangun adalah komunikasi yang baik antara orangtua dan anak. Anak akan selalu punya hal yang ingin dibagi dengan ibu dan ayahnya. Karena itulah sebaiknya selalu sempatkan waktu untuk mendengarkan cerita tentang hari-hari yang mereka lewati.

Hal ini akan membiasakan anak untuk bersikap terbuka, tanpa harus malu dan takut untuk menyampaikan sesuatu. Anak juga akan menganggap orangtua selayaknya teman dan jadi lebih nyaman dan terbuka untuk menceritakan soal hal-hal yang mereka alami setiap harinya.

Dengarkan cerita anak dan cobalah memandang dari sudut pandangnya. Jangan memotong pembicaraan atau berkomentar sebelum mereka menyelesaikan ceritanya. Tunjukkan ketertarikan dengan selalu merespon cerita anak. Ini akan membuatnya merasa dihargai dan diperhatikan dengan baik.

Menjadi pendengar dan saling mendengarkan merupakan kunci penting membentuk hubungan intim antara orangtua dan anak. Jika memang terlampau sibuk di weekday, luangkan waktu di weekend untuk ngobrol santai dengan si kecil ya Sahabat Fimela.

;
Loading