Sukses

Parenting

Kapan saat yang tepat untuk ajari bayi minum dari gelas?

Fimela.com, Jakarta Cepat atau lambat, seiring dengan perkembangan usianya, bayi harus lepas dari dot atau ASI eksklusif. Bayi pun harus beralih untuk minum dari gelas. Lalu, kapan sih waktu yang tepat untuk mulai melatih bayi minum dari gelas?

Ternyata para ahli mengungkapkan bahwa waktu yang tepat untuk mengenalkan cara minum dengan gelas adalah saat bayi mulai mengenal makanan padat di usianya yang ke 6 bulan. Tidak secara langsung, bayi harus dikenalkan secara bertahap.

Gelas yang biasanya dipilih orangtua adalah sippy cup. Ini akan jadi cara yang mudah untuk bayi karena mereka masih akan menghisap. Ini akan jadi adaptasi dari dot atau puting payudara menuju ke gelas. Setelah bayi sudah terbiasa dengan sippy cup, di usia 9 bulan ibu bisa mencoba menggantinya dengan gelas yang dilengkapi dengan sedotan.

Satu hal yang wajib dicatat adalah ibu harus selalu sabar dalam mengajari anak minum dari gelas. Ini sedikit memakan waktu karena si kecil membutuhkan waktu yang lebih lama untuk meminum minumannya dari gelas. Jika ia sudah terbiasa minum dari gelas, maka sudah saatnya untuk say goodbye pada dot.

Semoga informasi ini bermanfaat untukmu ya Sahabat Fimela.

;
Loading