Sukses

Parenting

3 Cara alami atasi batuk berdahak pada anak

Fimela.com, Jakarta Batuk yang menyerang orang dewasa sudah jelas mengganggu aktivitas. Lantas bagaimana jika yang terkena batuk adalah anak-anak? Ini pasti akan membuat anak makin rewel. Batuknya akan semakin merepotkan jika berdahak.

Dahak biasanya akan ditelan oleh anak bukannya diludahkan. Ini berisiko membuat mereka sakit perut atau muntah. Nah, bagi yang ingin mengobatinya secara alami, berikut ini ada tiga tips mudah yang bisa dicoba.

Madu

Sudah bukan rahasia lagi jika madu ini bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit termasuk batuk berdahak. Bahkan disebutkan jika minum madu untuk menyembuhkan batuk berdahak pada anak terhitung lebih efektif daripada obat dekongestan. Madu memiliki antioksidan yang sangat baik yang bermanfaat untuk memerangi peradangan dalam tubuh. Suapkan 1/2 sdt madu alami 4-5 kali dalam sehari. Ini akan membantu meredakan batuknya. Perlu diingat bahwa madu ini diperbolehkan untuk anak diatas dua tahun ya.

Air putih hangat

Selanjutnya, ibu bisa memberikan air putih hangat untuk membantu melancarkan dahak dan juga menyembuhkan infeksi di tenggorokan si kecil. Rasa gatal dan tak nyaman yang dirasakan diakibatkan oleh jaringan sinus yang mengering. Pastikan si kecil meminum 6-8 gelas air hangat dalam sehari untuk membantu proses penyembuhannya.

Lemon

Seperti madu, lemon juga memiliki kandungan Vitamin C dan antioksidan yang sangat tinggi yang baik untuk penyembuhan. Kandungan di dalamnya akan manjur untuk mengatasi batuk berdahak pada anak, juga untuk menyembuhkan pilek, dan infeksi saluran pernapasan. Suapkan sesendok kecil perasan air lemon pada anak. Imbangi dengan air putih yang banyak.

Nah, semoga informasi ini bermanfaat dan batuk berdahak pada anak bisa cepat sembuh ya. Biasanya, gejala batuk berdahak bisa memburuk dalam 2-3 hari pertama, dan kemudian mereda dalam beberapa hari ke depan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading