Sukses

Parenting

Cara mudah agar si kecil tak malas mandi

Fimela.com, Jakarta Banyak orangtua mengeluhkan anak yang susah makan, beberapa bahkan juga mengeluhkan anak yang susah mandi. Padahal anak yang aktif wajib mandi untuk membersihkan kotoran-kotoran yang menempel pada tubuhnya. Kulit anak yang gampang keringatan bisa berakhir panuan atau penyakit kulit lainnya jika tidak rajin dibersihkan.

Jangan galau karena berikut ini ada beberapa tips yang bisa diikuti agar si kecil tak lagi malas mandi:

  • Yang pertama ketahui sebab anak tak mau mandi. Tanyakan mengapa mereka malas mandi. Apakah karena sabun atau shampoo yang perih, atau hal lainnya. Jika sudah mengetahuinya temukan solusi yang pas untuk mengatasinya. Yakinkan anak untuk mandi dan beri pengetahuan jika malas mandi hanya akan membuat tubuhnya sakit karena bakteri yang menempel.
  • Temani anak mandi dan berikan edukasi bagaimana cara mandi yang benar menurutmu dan agar ia merasa nyaman.
  • Jika si kecil masih saja susah mandi, ibu bisa menyiapkan beberapa mainan di kamar mandi. Busa sabun yang melimpah, bebek karet, bola-bola dan mainan lain akan jadi daya tarik tersendiri untuk si kecil.
  • Sesekali orangtua juga sebaiknya meluangkan waktu untuk bisa mandi bersama si kecil. Buat ia merasa gembira dengan menemaninya mandi. Saat mandi juga buat permainan-permainan yang seru seperti bernyanyi bersama atau bermain busa.Ibu juga bisa mengajak anak untuk membeli sabun atau sampo sesuai keinginannya sendiri. Ini akan membuat anak lebih termotivasi untuk mandi karena produk kesukaannya tersedia.

Mudah sekali bukan? Selamat mencoba ya Sahabat Fimela!

;
Loading