Sukses

Parenting

Anak bilingual lebih mudah belajar bahasa lain saat dewasa

Fimela.com, Jakarta Saat di rumah, bahasa apa yang sehari-hari digunakan oleh buah hati? Bahasa Indonesia, bahasa daerah atau bahasa asing yakni Inggris, Perancis, Arab dan sebagainya? Berapa bahasa yang biasa digunakan buah hati untuk berkomunikasi?

Melansir dari laman straitstimes.com, anak yang terbiasa menggunakan lebih dari satu bahasa untuk berkomunikasi atau anak bilingual dipercaya bisa lebih mudah mempelajari bahasa lain saat ia dewasa kelak. Menurut studi, anak yang telah mengenal banyak bahasa saat kecil ini akan lebih suka mempelajari bahasa lain di sekitarnya.

Peneliti di Georgetown Universty Medical Center, Washington, DC menemukan jika kemampuan otak anak bilingual lebih baik dan meningkat saat digunakan untuk mempelajari bahasa baru. Dr. Michael Ullman mengatakan bahwa anak-anak yang sudah berkomunikasi dengan dua bahasa saat balita, mereka akan lebih gampang menangkap bahasa baru lainnya.

Anak-anak bilingual tidak menganggap bahasa baru sebagai hal asing sehingga ia lebih tertarik dan mudah buat mempelajari bahasa tersebut. Kemampuan otak anak bahkan akan jauh meningkat lebih baik ketika dua bahasa yang dipelajari anak sejak kecil memiliki struktural pengucapan yang berbeda. Misalnya saja bahasa Inggris dengan Mandarin atau bahasa Indonesia dengan bahasa Arab.

Dr. Srah Gray, seorang penulis sekaligus peneliti di Amerika mengatakan, "Kami memiliki data mengenai otak yang baru, yang mengarah pada manfaat belajar dua bahasa sejak kecil di mana bahasa tersebut memiliki struktur kosa kata dan pengucapan yang jauh berbeda. Anak-anak bilingual lebih mudah mempelajari bahasa lainnya saat ia dewasa kelak. Mereka juga cenderung lebih tertarik dan menyukai belajar bahasa lainnya."

Jadi gimana nih, tertarik mengajarkan dua bahasa ke anak?

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading