Sukses

Parenting

Alasan Sayuran Mentah Tidak Baik Dikonsumsi Bagi Ibu Hamil

Fimela.com, Jakarta Sayur merupakan asupan nutrisi yang sangat baik buat kesehatan. Sayuran juga kaya akan berbagai vitamin untuk menjaga kesehatan tubuh agar senantiasa mengesankan. Baik dimasak atau dimakan secara langsung (mentah), sayuran tetap terasa lezat. Jadi, tidak heran jika banyak orang yang mengonsumsi sayuran saat mentah sebagai lalapan.

Bicara mengenai sayuran mentah, lantas bolehkah ibu hamil mengonsumsi sayuran mentah? Melansir dari laman klikdokter.com, meski sayuran mentah mengandung berbagai nutrisi dan vitamin di dalamnya, sayuran mentah tidak disarankan untuk dikonsumsi ibu hamil secara berlebih.

 

Memasak Sayur dengan Dikukus Menjadi Cara Bagus untuk Mengonsumsi Sayur saat Hamil

Sebaiknya, ibu hamil mengonsumsi sayuran yang sudah dimasak baik secara dikukus, direbus atau ditumis. Sayuran yang masih mentah dan dikonsumsi secara langsung, dikhawatirkan mengandung berbagai bakteri yang tidak aman buat kesehatan ibu maupun janin.

Kalau memang ingin mengonsumsi sayuran yang masih mentah, para ahli menyarankan agar sayuran tersebut telah dicuci hingga benar-benar bersih. Usahakan untuk merendam sayuran di dalam air hangat selama beberapa menit sambil diberi taburan garam agar bakteri, kuman dan sumber penyakit yang menempel di sayur benar-benar hilang.

Usahakan juga untuk membuang bagian sayur yang telah membusuk atau berubah warna saat mengonsumsi sayur secara mentah. Demi menjaga kesehatan diri sendiri maupun janin di dalam kandungan, sebaiknya kita lebih bijak dan hati-hati dalam memilih setiap makanan yang akan masuk ke tubuh kita.

 

6 Cara Memasak Sayur yang Baik dan Benar Tanpa Kehilangan Kandungan Vitaminnya

Memasak sayur yang baik dan benar adalah kunci untuk mendapatkan hidangan yang lezat dan sehat. Bagi banyak dari kita, sayuran merupakan bagian penting dari menu harian. Memasak sayur tentu harus diperhatikan dari cara memasaknya terlebih bagi ibu hamil yang harus memperhatikan nutrisi bagi si kecil. Agar tidak kehilangan vitamin pada sayuran, ada cara tertentu untuk memasak sayur yang baik dan benar. Penasaran, seperti apa? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini. 

1. Pilih Sayuran yang Segar

Langkah pertama dalam memasak sayur yang baik adalah memilih sayuran yang segar dan berkualitas. Pilih sayuran dengan warna yang cerah dan kulit yang mulus. Pastikan juga tidak ada tanda-tanda layu atau kerusakan pada sayuran tersebut.

2. Bersihkan dengan Baik

Sebelum memasak, bersihkan sayuran dengan baik. Bilas sayuran di bawah air mengalir untuk menghilangkan kotoran dan debu. Beberapa sayuran mungkin perlu dikupas atau diiris sesuai dengan kebutuhan.

3. Jangan Sampai Overcook

Salah satu kesalahan umum dalam memasak sayur adalah cara memasaknya. Sayuran yang terlalu matang bisa kehilangan nutrisi dan teksturnya yang enak. Cobalah untuk memasak sayuran hanya sampai sedikit renyah , terutama sayuran seperti brokoli, kacang panjang, dan wortel.

4. Gunakan Metode Memasak yang Tepat

Setiap sayur mungkin memerlukan metode memasak yang berbeda. Misalnya, sayuran seperti bayam lebih baik direbus sebentar, sementara sayuran akar seperti kentang memerlukan waktu memasak lebih lama. Cobalah berbagai metode memasak seperti merebus, mengukus, atau menggoreng sayuran sesuai dengan selera dan resep yang kamu punya.

5. Jaga Warna Sayuran

Warna sayuran adalah indikasi bahwa mereka kaya akan nutrisi. Jadi, cobalah untuk memasak sayuran dengan cara yang menjaga warnanya tetap cerah. Mengukus atau merebus sayuran sebentar bisa membantu menjaga warna alami mereka.

6. Simpan Sisa Sayur dengan Baik

Jika kamu memiliki sisa sayur, simpanlah dengan baik di dalam wadah kedap udara atau bungkus dengan plastik wrap. Sisa sayur dapat digunakan kembali dalam berbagai hidangan seperti sup, salad, atau tumisan.

Memasak sayur yang baik dan benar tidak hanya membuat hidangan lebih lezat, tetapi juga memastikan bahwa kita mendapatkan manfaat nutrisi yang maksimal dari sayuran tersebut. Dengan mengikuti tips-tips di atas, kamu dapat membuat hidangan sayuran yang lezat dan sehat untuk dinikmati bersama keluarga dan teman-teman. Selamat memasak!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading