Sukses

Parenting

Usia Berapa Anak Bisa Mulai Lepas Popok?

Fimela.com, Jakarta Anak atau buah hati kita tentu tak akan selamanya memakai popok. Pemakaian popok terlalu lama bisa membuat kesehatan organ intim anak terganggu. Apalagi, jika popok ini tak segera diganti setelah anak buang air kecil maupun buang air besar. Penggunaan popok yang terlalu sering dan dalam waktu lama bisa menyebabkan iritasi di tubuh anak.

Orangtua harus lebih bijak kapan sebaiknya memakaikan anak popok dan kapan sebaiknya anak mulai diperkenalkan dengan aktivitas lepas popok. Melansir dari laman babycenter.com, orangtua harus pintar-pintar melatih dan mengajarkan anak untuk menggunakan toilet sendiri dan tidak lagi memakai popok.

Menurut studi yang dilakukan para ahli di American Academy of Pediatrics menemukan jika waktu yang tepat anak untuk melepas popok adalah saat anak berusia 18 sampai 24 bulan. Waktu ini sebaiknya anak diperkenalkan dengan toilet dan mengatakan kepada orangtua jika ia ingin buang air kecil maupun buang air besar.

Para ahli menyebutkan jika sebaiknya anak mulai dilatih melepas popok ketika ia sudah bisa mengatur keinginannya buang air kecil maupun air besar. Anak bisa dilatih melepas popok ketika ia sudah siap secara mental untuk memakai toilet.

Meski usia ideal anak untuk melepas popok adalah usia 18 sampai 24 bulan, kenyataannya tidak sedikit anak yang siap memakai toilet sendiri dan bisa mengatur keinginannya buang air di usia lebih dari 24 bulan. Tak apa-apa, setiap anak tentunya memiliki kemampuan tersendiri dalam melakukan berbagai hal. Tugas orangtua adalah selalu mendampinginya dan melatih serta mengajarkan yang terbaik pada anak.

 

Artikel Selanjutnya
Kondisi kesehatan ibu yang buruk sebabkan berat badan bayi rendah