Sukses

Parenting

5 Makanan yang Sebaiknya Tidak Diberikan Pada Anak Hiperaktif

Fimela.com, Jakarta Anak hiperaktif merupakan anak yang berperialaku sangat aktif. Anaka-anak ini juga tidak bisa tenang, tidak bisa diam dan terus bergerak aktif. Tak hanya bergerak aktif, anak hiperaktif juga sering berkata kasar, teriak-teriak dan sulit dikendalikan. Melansir dari laman babycenter.com, anak hiperaktif juga seringkali melawan nasehat orangtuanya.

Perlu kita tahu, anak hiperaktif menjadi salah satu anak yang harus mendapat perhatian khusus dan orangtua maupun orang-orang di sekitarnya. Anak hiperaktif juga tidak boleh makan sembarang makanan karena ini makanan yang tidak tepat untuknya bisa memperparah perilaku hiperaktifnya.

Adapun makanan bisa memperparah kondisi anak hiperaktif dan sebaiknya tidak diberikan padanya antara lain sebagai berikut.

Gula

Para ahli mengungkapkan jika gula bisa meningkatkan perubahan mood pada anak yang mengalami masalah hiperaktif. Gula bisa memicu risiko hiperaktif semakin parah. Jadi, sebaiknya gula dihindari.

Ikan Tinggi Merkuri

Ikan memang baik buat kesehatan dan tumbuh kembang anak. Namun, jika ikan mengandung merkuri cukup tinggi, sebaiknya ini tidak diberikan pada anak hiperaktif. Logam berat (merkuri) yang ditemukan pada ikan bisa merusak konsentrasi dan fokus anak terutama anak dengan kondisi hiperaktif.

Keju

Makanan selanjutnya yang tidak boleh diberikan apda anak penderita hiperaktif adalah keju. Keju yang merupakan olahan susu ini bisa memperparah perilaku anak hiperaktif. Ini juga bisa merusak fokus serta konsentrasinya.

Soda

Anak-anak dengan kondisi hiperaktif atau anak yang berkebutuhan khusus lainnya sebaiknya tidak diberi soda. Minuman bersoda umumnya mengandung gula, pewarna makanan dan perisa buatan yang bisa memicu semakin buruknya hiperaktif.

Keripik

Para ahli menyebutkan jika segala makanan yang masuk ke dalam jenis junk food sangat berbahaya buat tumbuh kembang anak hiperaktif. Keripik termasuk ke dalam makanan junk food jadi sangat tidak disarankan untuk diberikan pada anak.

Itulah beberapa makanan yang sebaiknya tidak diberikan pada anak hiperaktif. Beberapa makanan lain yang juga tak boleh diberikan adalah jus buah dalam kemasan, daging merah, jagung, cokelat, es krim dan makanan mengandung gula serta sodium berlebih lainnya. Semoga informasi ini bermanfaat.

Artikel Selanjutnya
Dalam Seminggu, Berapa Kali Sebaiknya Anak Keramas?
Artikel Selanjutnya
Usia Berapa Anak Bisa Mulai Lepas Popok?