Sukses

Parenting

6 Tips Aman Tanpa Obat Mengatasi Sakit Kepala Saat Hamil

Fimela.com, Jakarta Selama hamil, kita tak boleh mengonsumsi obat sembarangan. Seperti ketika sakit kepala, tidak disarankan untuk langsung minum atau mengonsumsi obat. Ada sejumlah alternatif dan cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi sakit kepala saat hamil.

Sebelum membasa cara mengatasi sakit kepala ini, perlu diketahui bahwa penyebab ibu hamil mengalami sakit kepala bisa dikarenakan sejumlah hal. Mulai dari naik turunnya tekanan darah, kecapekan, kurang olahraga, lapar, stres, dan konsumsi kafein. Ada sejumlah tips yang bisa dicoba untuk mengatasi sakit kepala ini.

1. Menghirup aromaterapi

Ini bisa disesuaikan dengan kondisi masing-masing. Bila tak merasa mual atau masalah dengan baun lavender atau peppermint oil, kita bisa menghirup aromaterapi tersebut untuk meredakan sakit kepala. Bisa juga menggosokkan minyak aromaterapi di area kening.

2. Pijat

Dikutip dari momjunction.com, pijatan di area bahu, punggung, dan tengkuk bisa bantu meredakan sakit kepala. Kalau minta dipijat, sebaiknya pada ahlinya atau yang khusus menangani ibu hamil, ya. Tapi kalau sekadar minta dipijat area bahu untuk merilekskan otot tubuh, kita bisa minta bantuan pasangan atau suami.

3. Mandi dengan air hangat

Mandi dengan air hangat yang dicampur dengan garam Epsom selama 15 menit bisa bantu redakan sakit kepala. Otot-otot tubuh bisa lebih rileks bila kena basuhan atau bilasan air hangat ini.

4. Kenakan bra yang tepat

Saat hamil, ligamen payudara bisa berubah karena ukuran payudara yang semakin membesar. Kalau salah pilih bra, bisa menyebabkan ketegangan di otot leher dan punggung. Jadi sedari awal kehamilan penting memilih dan mengenakan bra yang benar-benar nyaman agar terhindar dari risiko pusing atau sakit kepala.

5. Minum minuman herbal

Minuman herbal seperti teh herbal atau air jahe hangat bisa diminum untuk meredakan sakit kepala selama hamil. Air jahe hangat menjadi salah satu minuman yang paling direkomendasikan karena kandungan jahe yang bisa bantu merilekskan tubuh dan mengatasi ketegangan otot tubuh.

6. Kompres dengan air dingin atau air hangat

Kita bisa menyiapkan kompres untuk diletakkan di dahi atau kening. Bisa pakai kompres air hangat, bisa juga dingin. Untuk sakit kepala sebelah (migrain) bisa pakai kompres air dingin agar lebih efektif.

Kalau sakit kepala terasa sangat parah dan menyuiksa, ada baiknya untuk langsung berkonsultasi ke dokter. Agar bisa segera diketahui penyebab utamanya untuk penanganan atau pengobatan yang lebih tepat.

Loading