Sukses

Parenting

Cara Mencuci Clodi yang Benar, Perhatikan Hal-Hal Berikut Ini!

Fimela.com, Jakarta Familier dengan clodi? Clodi (cloth diaper) adalah popok yang bisa dicuci dan dipakai berkali-kali. Para ibu biasanya menggunakan clodi karena alasan lebih ramah lingkungan dan hemat. 

Tapi memang jadi pe-er sendiri saat harus mencuci dan mengeringkan clodi. Mencuci clodi agak berbeda dari mencuci baju bayi biasa. Ada hal-hal penting yang perlu diperhatikan untuk mencuci clodi yang benar. Lebih jelasnya, yuk ikuti infonya di bawah ini.

1. Siapkan bak khusus untuk clodi

Clodi perlu dibersihkan dulu dari sisa poop bayi. Basuh clodi dengan menggunakan air mengalir untuk menghilangkan sisa poop dan pipis si kecil. Baru setelah itu bisa direndam di bak khusus untuk clodi dengan air biasa selama 10 menit, tujuannya untuk menghilangkan sisa-sisa kotorannya.

Penting untuk memiliki dan menyiapkan bak khusus untuk clodi agar kotorannya tidak tercampur dengan baju yang lain. Pastikan juga banyaknya clodi yang direndam tak membuat bak terlalu penuh. Kalau terlalu penuh, sisa kotoran clodi bisa-bisa tak bersih dengan dengan maksimal.

2. Mencuci clodi dengan tangan

Setelah clodi direndam dengan air biasa selama 10 menit, kita bisa menyiapkan bak yang diisi dengan air hangat dan detergen khusus untuk pakaian bayi. Bilas clodi dengan air detergen tersebut sambil dikucek hingga benar-benar bersih.

Ketika clodi sudah benar-benar bersih, kita bisa membilasnya sekali dengan air. Kemudian peras, baru bisa dijemur atau dikeringkan.

3. Mencuci clodi dengan mesin cuci

Jangan cuci clodi bercampur dengan baju lainnya di mesin cuci. Masukkan clodi ke dalam mesin cuci dengan detergen yang aman untuk bayi. Sebaiknya jangan menggunakan air yang terlalu panas karena bisa merusak kualitas kain atau katun clodi. Setelah selesai dicuci dan dikeringkan dengan dryer, gantung dan jemur clodi di bawah panas terik matahari.

4. Proses pengeringan

Mengeringkan clodi di bawah panas terik matahari merupakan cara terbaik. Sekalipun sudah dikeringkan dengan dryer dari mesin cuci, tapi kalau masih terasa lembap sebaiknya jemur lagi di bawah terik matahari. Saat dijemur bisa digantung dengan jepit jemuran agar kena angin yang dapat membuatnya lebih cepat kering.

5. Clodi harus segera dicuci

Clodi memang perlu dicuci setiap kali selesai dipakai. Jangan terlalu lama ditumpuk atau direndam. Karena kalau tidak segera dicuci, nodanya bisa susah hilang.

6. Bisa pakai baking soda tapi hindari pemutih

Kita bisa menggunkan baking soda untuk mencuci bersih clodi. Clodi bisa direndam dalam air yang sudah dicampur baking soda selama 30 menit hingga 1 jam. Dikutip dari momjunction.com, baking soda bisa menghilangkan bau tak sedap dan patogen. Dengan kata lain, baking soda bisa dipakai untuk mencuci clodi yang bau dan nodanya susah dihilangkan.

Tapi jangan memakai pemutih untuk mencuci clodi. Pemutih memiliki kandungan yang mungkin akan menempel pada clodi. Dan hal ini bisa menyebabkan kulit bayi iritasi.

Sebenarnya tidak terlalu sulit mencuci clodi dengan baik dan benar. Atau mungkin ada yang punya info dan tips tambahan lainnya? Share di sini, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading