Sukses

Parenting

5 Cara Menangani Anak yang Gampang Ngambek

Fimela.com, Jakarta Anak yang makin lama makin sering ngambek memang kadang bikin pusing kepala. Anak-anak memang punya kecenderungan moody dan mengekspresikan perasaannya dengan ngambek dan rewel. Kita sebagai orangtua, kadang kewalahan menghadapi si kecil bila sudah kumat atau kambuh ngambeknya.

Untuk menangani anak yang gampang ngambek, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan. Sebenarnya bisa dimulai dari cara yang paling dasar atau sederhana, selengkapnya simak di sini yuk!

1. Selalu sediakan waktu membangun kedekatan dengan anak

Dilansir dari momjunction.com, menghabiskan waktu bersama orangtua bisa membuat anak-anak bahagia. Anak-anak pun bisa lebih terbuka dengan masalahnya, sehingga tidak akan gampang ngambek. Kalau ada masalah, anak pun bisa langsung mengutarakannya pada orangtua.

2. Beri anak perhatian

Sebisa mungkin jangan memicu masalah baru atau membuat anak makin kesal dan marah ketika dia ngambek. Saat anak ngambek karena sedang kesal atau marah, kita perlu berempati padanya. Dengan begini, anak bisa lebih jujur dan tak lagi memendam masalah dengan ngambek.

3. Izinkan anak bicara

Kita perlu jadi pendengar yang baik. Jangan langsung menghakimi atau menyudutkan anak. Saat anak ngambek, izinkan dia bicara dan berjanjilah padanya kalau kita akan menjadi pendengar yang baik dan tak menyalahkannya. Komunikasikan masalah yang ada dengan efektif.

4. Jangan memberi reaksi berlebihan

Saat anak ngambek atau membuat kita kesal, jangan langsung memberi reaksi berlebihan dengan memarahinya sambil teriak-teriak. Kalau kita merasa anak sedang butuh waktu sendiri, kita bisa membiarkannya sendiri dulu agar ia bisa menenangkan dirinya.

5. Hindari terlalu menekan anak

Jangan terlalu menekan dan membebani anak terlalu berat. Bantu anak mendapatkan waktu belajar dan bermain yang cukup. Ketika ia sudah merasa mendapatkan ketenangan dan kebebasan beraktivitas, dia bisa lebih mudah mengatur suasana hatinya.

Menangani anak yang gampang ngambek memang kadang gampang-gampang susah. Kita perlu benar-benar sabar dan memberi perhatian lebih padanya.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading