Sukses

Parenting

5 Kebiasaan untuk Membangun Kedekatan Ibu dan Anak

Fimela.com, Jakarta Kedekatan ibu dan anak bisa dibangun dari kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan bersama. Ada sejumlah kebiasaan sederhana yang bila dilakukan secara rutin bisa membuat kita makin dekat dengan buah hati tercinta.

Agar anak selalu merasa nyaman dan dicintai, kita memang perlu meluangkan waktu khusus untuknya. Bisa dimulai dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan berikut ini.

1. Makan bersama

Dikutip dari verywellfamily.com, kebiasaan makan bersama bisa berdampak positif pada perkembangan anak, seperti meningkatkan kemampuan mental, sosial, dan emosinya hingga membantunya untuk berperilaku baik di berbagai suasana. Kesehatan dan kebiasaan makan si kecil pun bisa ikut membaik. Meski tak bisa selalu makan bersama setiap hari, setidaknya luangkan waktu beberapa kali dalam seminggu untuk bisa menikmati waktu bersama makan dengan buah hati tercinta.

2. Berbagi cerita dan pengalaman baru

"Bagaimana harimu?"

"Ada yang seru nggak di sekolah?"

"Mau dengar cerita menarik dari Ibu?"

Saat sedang makan malam atau menjelang tidur, kita bisa memanfaatkan waktu untuk saling berbagi cerita dan pengalaman. Dengan saling bercerita ini, kita menunjukkan bahwa kita sangat peduli dengan perasaannya dan dia pun akan merasa diistimewakan.

3. Bermain bersama

Salah satu cara terbaik membangun kedekatan adalah dengan bersenang-senang bersama. Bisa dilakukan dengan bermain bersama atau membuat permainan yang bisa dinikmati berdua. Dengan bisa tertawa bersama, kedekatan dan kehangatan pun bisa terbentuk dengan sendirinya.

4. Berpelukan

Pelukan bisa jadi gestur tubuh yang membangun kedekatan ibu dan anak. Bahkan ada penelitian yang menyebutkan bahwa pelukan bisa menurunkan risiko anak terserang penyakit. Jika sedari kecil anak sudah dibiasakan dengan pelukan, maka saat dewasa nanti dia pun akan sering memeluk kita.

5. Izinkan anak membantu

Anak pada dasarnya suka membantu. Dan saat kita memberinya tugas atau tanggung jawab, rasa percaya dirinya bisa meningkat dan dia akan merasa dihargai. Saat kita melakukan sesuatu dengan bantuan si kecil, maka waktu yang kita habiskan bersamanya akan terasa sangat berharga.

Hal-hal kecil dan sederhana yang kita lakukan bersama si kecil bisa membantu meningkatkan kedekatan dan ikatan bersama. Yuk moms mulai kita biasakan hal-hal di atas bersama buah hati tercinta.

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Cara Mendidik Anak Kembar, Simak 4 Tipsnya
Artikel Selanjutnya
Seberapa Efektif Time-Out untuk Anak?