Sukses

Parenting

Kamuflase Ruang

Agar ruangan sempit terasa lebih luas sebenarnya tidak perlu menguras kocek berlebih atau bahkan pindah rumah, kata desain interior Maxwell Gilingham-Ryan, penulis situs dan buku ‘Apartment Theory’. Malahan kita bisa belajar memaksimalkan ruangan-ruangan yang ada, berapapun ukurannya dengan ide-ide cemerlang dan menggunakan furnitur multifungsi. “Saya tinggal bersama istri dan anak perempuan saya di sebuah apartemen seluas 76,2 m2, tapi ruang gerak kami tetap tak terbatas dan nyaman,” katanya. Berikut tip untuk mengakali ruangan agar terasa lapang.

Membuat Ruang Tamu Fungsional dan Nyaman

  1. Sofa berdesain ramping dan simpel tanpa sandaran tangan dengan ukuran sedang sangat mudah untuk dipadu padan. Tambahkan bantal dengan motif sederhana.

  2. Lukisan yang minimalis turut membantu ilusi ruang sehingga tampak lebih luas.

  3. Karpet yang nyaman tak saja menghemat kursi. Siapapun akan betah bersantai di atasnya.

  4. Tirai tipis memudahkan cahaya masuk, dan ruangan yang terang akan membuat ruangan terasa lebih lapang.

Bermain Warna dan Skala

  1. Mengecat dinding putih membuat ruangan tampak lebih luas, tapi kerap terkesan dingin. Untuk kamar tidur, Anda bisa memilih nuansa warna hangat, seperti krem.

  2. Kanopi berwarna gelap yang menutupi sebagian dinding dan langit-langit di atas tempat tidur bisa memberikan efek dramatis.

  3. Lampu kristal berfungsi untuk memantulkan cahaya ke seluruh ruangan.

  4. Jika tidak mempunyai cukup jendela, Anda bisa memasang gambar pemandangan alam untuk menghadirkan nuansa alam ke dalam kamar.

  5. Meja bundar tanpa sudut akan memudahkan gerak Anda.

Memanfaatkan Sudut Ruang

  1. Sudut tertentu bisa Anda manfaatkan menjadi ruangan kerja. Misalnya dengan memanfaatkan lemari yang menempel ke tembok. Lengkapi dengan rak untuk menyimpan buku-buku, atau tambahkan pintu kaca berukir bila Anda suka gaya klasik.

  2. Meja perak yang ramping dan tipis sangat proporsional untuk ruangan mungil. Cermin di atasnya akan memantulkan cahaya dan langsung membawa kesan glamor.

  3. Gunakan wallpaper yang bertekstur dan memantul, sehingga bisa membentuk pola berkilauan nan halus.

  4. Tambahkan dengan meja kecil dan kursi berwarna putih.

Maksimalkan Setiap Inci

  1. Pada dasarnya ruangan apapun bisa difungsikan semaksimal mungkin, contohnya ruangan ini yang semula adalah sebuah dapur, lalu diubah menjadi ruangan kantor.

  2. Berikan sentuhan alami dengan jendela berbingkai kayu.

  3. Sediakan wadah khusus untuk menempatkan peralatan kerja Anda, agar selalu terlihat rapi.

Dapur Lapang, Terang dan Sejuk

  1. Dapur merupakan tempat berkumpul keluarga, maka buatlah dapur senyaman mungkin. Mendesain lemari yang menempel dinding hingga ke langit-langit tak saja menyediakan tempat penyimpanan yang luas tapi juga menghemat ruangan.

  2. Memilih desain dapur yang serba putih tak saja memudahkan saat membersihkan, tapi juga memberikan kesan ruangan lebih lapang.

  3. Refleksi dari permukaan suatu benda terkadang bisa menciptakan ruangan lebih luas berkat ilusi mata. Coba pilih peralatan dapur seperti worktop bangku, atau tempat sampah dari stainless steel.

  4. Pernak-pernik dapur atau peralatan masak yang berukuran besar, tidak akan membuat ruangan tampak sempit, tapi malah sebaliknya. Kuncinya, Anda harus menatanya dengan rapi.

Trik Mendekor

  • Dinding cermin bisa diaplikasikan, sebagai ilusi ruang. Jika terdapat empat sisi dalam satu ruangan gunakan satu sisi sebagai dinding cermin, mulai dari atas hingga bawah. Tambahkan bingkai bila suka.

  • Hindari bentuk furnitur bersiku, karena akan menghalangi ruang gerak.

  • Tidak disarankan menggunakan wallpaper maupun kain pelapis sofa bermotif. Cukup pilih tekstur yang kasat mata, misalnya tekstur kulit jeruk.

  • Hindari memajang dekorasi terlalu banyak (di dinding). Cukup lukisan bergaya minimalis modern yang justru bisa membuat ruangan terasa lapang dan hangat.

  • Gaya elektrik bisa menjadi pilihan, seperti penggabungan dari gaya modern dengan etnik. Coba lampu antik Jawa dipadu kursi modern atau meja kayu dengan vas bunga minimalis.

  • Gaya pop masih diperbolehkan, tapi harus cermat dalam mengatur skala dekorasi.

  • Penataan barang dan skala furnitur merupakan hal terpenting. Jangan terlalu banyak barang berukuran kecil, sebaiknya komposisi barang besar dan kecil harus seimbang.

Tip Pemilihan Warna

  • Pilih warna-warna terang atau monokromatik. Contohnya: putih, putih gading, kuning kunyit, atau abu-abu.

  • Biru masih diperbolehkan karena memberikan efek menenangkan. Hindari warna pink, yang merupakan warna turunan dari merah yang kuat dan mendominasi. Cukup tambahkan warna pink dalam elemen dekorasi.

  • Jika menginginkan sentuhan warna lain, bisa diakali dengan elemen dekoratif seperti bantal sofa. [initial]

    Source: GoodHouseKeeping, Edisi November 2012, Halaman 104

(GH/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading