Sukses

Parenting

Nonton TV di Kamar Sebabkan Kegemukan

Sudah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa aktivitas diam seperti menonton tv atau berjam-jam di depan komputer berpotensi menambah berat badan seseorang, bahkan memicu obesitas. Penelitian baru menunjukkan bahwa anak-anak yang memiliki tv di kamar berpotensi mengalami hal yang sama.

Peneliti dari Pennington Biomedical Research Center di Louisiana mengumpulkan data 370 anak usia 5 sampai 18. Dari data tersebut, dicatat indeks massa tubuh dan scan tubuh untuk mengukur masa lemak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang memiliki televisi di dalam kamar tidur mereka dua kali berpotensi memiliki massa lemak yang lebih tinggi dan lingkar pinggang lebih besar dibandingkan anak yang tidak memiliki televisi di dalam kamar, dilansir Newsmaxhealth.

Menurut kepala peneliti, Dr Amanda Staiano, "Televisi dapat menjadi gangguan tambahan untuk memiliki kebiasaan sehat," ujarnya, "Misalnya saja memiliki televisi di kamar tidur berkaitan dengan jumlah tidur yang lebih rendah dan kurangnya kontrol makanan dari keluarga," Durasi tidur yang lebih pendek dan makan sambil menonton televisi adalah salah satu faktor pencetus kegemukan dan obesitas.

Sementara itu, penelitian terpisah dari University of Alberta di Kanada menemukan bahwa peralatan elektronik seperti televisi, komputer dan telepon genggam juga berkaitan dengan kurang tidur dan obesitas.

Ladies, pastikan Anda tetap bijak saat menambahkan televisi di dalam kamar tidur, terutama kamar anak dan remaja.

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading