Sukses

Parenting

Ini Lho Artinya Kalau Bayi Sedang Menangis

Bunda, jangan keburu frustasi apabila si kecil tiba-tiba menangis tidak jelas. Karena belum bisa ngomong, memang bundalah yang harus lebih peka dan tahu apa sih yang dimaui si kecil.

Apabila bayi Anda menangis, jangan keburu dibawa ke dokter atau bertemu orang pintar. Tidak, Bayi Anda tidak sedang mengalami sesuatu hal gaib apabila ia menangis terus-terusan di malam hari. Coba deh baca beberapa panduan tentang arti tangisan bayi di malam hari berikut ini.

Wah ternyata dia lapar

Kebanyakan bayi akan menangis ketika ia merasa lapar. Untuk itulah umumnya para ibu disarankan memberi si kecil susu setiap dua jam sekali. Jangan tunggu sampai si kecil menangis dan kelaparan, lebih baik Anda sendiri yang menakar dan memberinya ASI sehingga tidurnya lebih pulas dan nyenyak.

Si kecil pipis

Seringkali pipis, ternyata popoknya basah. Tentunya si kecil tidak akan merasa nyaman bila tidur dalam kondisi tubuh sedang basah. Anda disarankan untuk selalu memeriksa popok dan menggantinya setiap kali popok menjelang basah.

Tak perlu menunggu sampai dia menangis atau popok terlalu basah, karena membiarkan ia dalam kondisi kedinginan akan membuat bayi masuk angin dan iritasi akibat terkena air urinnya.

Waduh kok dia sakit perut

Tidak lapar dan popok sudah diganti, kenapa masih menangis? Cek dulu kondisi perutnya ya, bunda. Bisa jadi ia sedang kembung. Di saat perutnya kembung ia merasa tidak nyaman dan tak bisa tidur. Inilah saat yang tepat memberinya minyak telon sambil mengusap perut dan punggungnya merata.

Berikan juga ia selimut atau pakaikan kaus kaki dan kaus tangan sehingga ia tidak semakin kedinginan.

Ingin dipeluk

Sekalipun hanya ditinggal sesaat, bayi juga manja dan haus pelukan lho. Apabila semua hal di atas sudah Anda lakukan dan ternyata ia masih menangis, maka yang perlu Anda lakukan adalah mengangkat dan memeluknya. Biarkan ia tidur sejenak dalam pelukan Anda, sampai terlelap.

Tumbuh gigi

Bayi seringkali menangis saat tumbuh gigi. Dan bahkan, terkadang badannya menjadi demam. Anda harus tahu mengapa ia sangat rewel dalam fase ini, karena memang di dalam area mulut terasa gatal dan tidak nyaman. Menenangkannya, Anda harus bisa mengalihkan perhatian agar ia lupa akan rasa tidak nyamannya.

Kaget

Beberapa bayi memang sering kaget saat mendengar suara yang cukup keras atau tiba-tiba. Tak heran apabila ia kemudian menangis. Mengatasinya, Anda harus mengangkat dan menggendongnya. Apabila perlu, berikan ia minum susu sehingga rasa kagetnya cepat reda.

Tuh kan, bun, tidak melulu semua hal harus menimbulkan kepanikan sekalipun Anda baru punya bayi untuk yang pertama kali. Yang penting cek terlebih dahulu kondisi bayi Anda saat menangis, sehingga Anda tahu apa yang ia mau. [initial]

BACA JUGA:

Kecerdasan Anak Dapat Dibentuk Sejak Dalam Kandungan

Operasi Caesar Tingkatkan Risiko Obesitas Anak

6 Cara Jitu Menebak Jenis Kelamin Bayi

5 Mitos Aneh Seputar Bayi Kembar

Aduh, Kasihan Masih Bayi Sudah Kena Kanker Serviks

Cara Memandikan Bayi Yang Benar

Ibu Hamil Jangan Sembarangan Makan Salmon

Stress Saat Hamil Bahaya Bagi Janin

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading