Sukses

Parenting

5 Tips Mencegah Anak Kecanduan Makanan Manis

Fimela.com, Jakarta Cokelat, permen, dan cookies serba manis memang makanan favorit anak-anak. Setiap anak pasti suka dengan semua makanan manis itu. Tapi kalau konsumsinya berlebihan, anak-anak bisa berisiko mengalami obesitas dan masalah kesehatan.

Kini saatnya kita mengajarkan pola makan yang lebih sehat pada anak. Agar anak tak kecanduan makanan manis, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan. Seperti hal-hal berikut ini.

1. Buat aturan

Untuk melarang sepenuhnya anak makan makanan manis mungkin terlalu ekstrem. Tapi kita bisa coba buat aturan untuk diikuti. Misalnya, baru boleh makan dua permen kalau sudah makan siang. Dengan membuat aturan seperti ini, anak bisa dilatih untuk mengendalikan dirinya tanpa membuatnya gampang rewel.

2. Jangan menjadikan makanan manis sebagai reward

Sekali dua kali memberikan makanan manis sebagai reward atau hadiah pada anak mungkin bisa. Tapi kalau selalu menjadikan camilan manis sebagai reward khawatirnya malah memberi dampak buruk, membuat anak jadi ketergantungan. Dikutip dari todaysparent.com, kalau selalu memberikan makanan manis sebagai reward nantinya bisa menyebabkan perilaku emotional eating pada anak yang tidak sehat. Dampak buruknya dalam jangka panjang bisa membuat anak punya kebiasaan menjadikan makanan sebagai pelampiasan ketika sedang stres.

3. Sibukkan dengan hal lain

Kalau si kecil mulai menunjukkan tanda rewel ingin camilan manis, coba alihkan dengan melakukan hal lain. Misalnya, dengan bermain atau bernyanyi. Karena kadang keinginan ngemil makanan manis itu muncul saat anak dilanda rasa bosan.

4. Bikin kue sendiri dengan bahan-bahan yang lebih sehat

Kalau selama ini selalu beli cookies, coba bikin sendiri di rumah. Kita bisa pakai bahan-bahan yang lebih sehat dengan membatasi takaran gula atau pemanisnya. Anak bisa mendapat pengalaman seru membuat kue bersama sekaligus bisa lebih paham soal pentingnya memilih makanan yang terbuat dari bahan-bahan berkualitas terbaik.

5. Terapkan kebiasaan makan bersama

Meski tak harus setiap hari makan bersama, tapi kita bisa jadwalkan makan semeja bersama dengan si kecil untuk menerapkan kebiasaan makan sehat. Menikmati permen, cokelat, dan kue manis memang boleh tapi tetap perlu diiimbangi dengan konsumsi makanan sehat.

Meski mungkin anak akan rewel atau menangis bila mulai dilarang makan makanan manis, tapi belum terlambat untuk mengedukasi mereka soal pentingnya konsumsi makanan sehat yang baik untuk tubuh.

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading