Sukses

Parenting

Membaca Ternyata Membuat Anak Pintar Matematika

Dear mommies, ada penelitian terbaru yang menarik nih soal manfaat membaca buku untuk anak-anak. Ternyata,  anak yang membaca buku untuk tujuan rekreasi akan cenderung lebih unggul di bidang matematika dan Bahasa Inggris daripada anak yang jarang membaca buku.

Penelitian yang dilakukan oleh Institute of Education dari Universitas London ini mengamati kebiasaan membaca sekitar 6000 anak di 1970 British Cohort Study. Seperti yang dilansir express.co.uk, analisa tersebut menghubungkan antara seberapa sering anak membaca dengan hasil ujian matematika, kosa kata, dan mengeja pada usia 5,10,dan 16 tahun.

Hasil penelitian menyatakan bahwa anak yang banyak membaca di usia 10 tahun dan anak umur 16 tahun yang membaca buku atau koran lebih dari sekali seminggu mendapatkan hasil ujian yang lebih tinggi daripada teman-teman mereka yang kurang membaca. Anak yang membaca mendapatkan keuntungan 14,4% lebih baik untuk kosa kata, 9,9% lebih unggul di bidang matematika,dan 8,6% memiliki kemampuan mengeja yang lebih bagus dibanding seorang anak yang memiliki latar belakang orang tua dengan pendidikan tinggi.

Membaca secara teratur juga dipercaya memiliki manfaat untuk menambah kosa kata anak lebih teratur dibandingkan anak yang sedikit membaca. Bagi Anda yang memiliki buah hati yang cenderung pendiam dan tak banyak berbicara, membaca tentu saja bisa menjadi pilihan terbaik dalam menambah daya ingat dan konsentrasi pada buah hati.

Well ladies, ada baiknya membiasakan anak Anda untuk membaca apa yang mereka senangi ya. Baik itu majalah, komik, atau novel, selama bacaan itu bermanfaat ya tidak ada salahnya mendukung keinginan sang buah hati.

(vem/oem)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading