Sukses

Parenting

Morning Sickness Bikin Gak Nyaman? Ini Cara Mengatasinya

Morning sickness, apa itu? Morning sickness adalah gejala awal dari kehamilan yang membuat seorangĀ  ibu hamil merasa mual dan muntah-muntah. Rasa mual ini disebabkan oleh peningkatan kadar hormon Beta HCG dalam darah, ditunjang oleh peningkatan hormon progresteron yang memperlambat metabolisme tubuh terutama pencernaan. Meskipun namanya adalah morning sickness, karena memang pada umumnya terjadi di pagi hari, gejala mual tersebut dapat dialami sepanjang hari Ladies.

Berikut akan dijelaskan tips-tips untuk mengatasi morning sickness bagi para ibu yang mengalaminya. Namun perlu diketahui ya Ladies bahwa tingkat rasa mual yang dialami oleh ibu hamil berbeda-beda, ada yang tidak terlalu merasakan apa-apa, ada yang merasakan mual dan ada juga yang merasa sangat mual hingga membutuhkan perlakuan khusus dari dokter, hal tersebut tergantung dari karakteristik masing-masing ibu hamil, jadi tidak perlu terlalu khawatir jika Ladies tidak terlalu merasakan mual ini.

Dan tips-tips yang mengatasi morning sickness yang dilansir dari mediainformasi.org adalah sebagai berikut:

Mengonsumsi gizi seimbang

Mengonsumsi makanan yang tinggi karbohidrat dan protein sangat dianjurkan bagi para ibu hamil. Selain itu, sayuran dan buah juga disarankan untuk mengurangi morning sickness.

Atur pola makan

Saat morning sickness, meskipun terasa malas untuk makan, usahakan untuk tidak menuruti rasa malas itu ya Ladies, agar tidak kekurangan nutrisi. Lalu bagaimana triknya agar tetap mau makan meskipun mengalami morning sickness? Ladies bisa coba makan dengan porsi yang sedikit, namun sering, karena makan dalam porsi besar hanya akan menambah rasa mual. Jadi, usahakan untuk tetap mendapat asupan makanan yang cukup dengan memperkecil porsi makan namun menambah frekuensinya.

Mengonsumsi jahe

Menurut sebuah penelitian di Australia, jahe dapat digunakan untuk mengatasi rasa mual dan juga aman bagi ibu maupun bayi. Mungkin Anda bisa mengonsumsi jahe dalam bentuk minuman, permen maupun jahe yang masih segar.

Mengonsumsi B6

Vitamin B6 dipercaya mampu mengurangi rasa mual. Namun sebaiknya konsultasi ke dokter terlebih dahulu ya Ladies sebelum mengonsumsinya.

Hindari makanan pemicu mual

Jenis makanan pemicu mual adalah makanan pedas dan berminyak. Selain itu, bau-bau tertentu juga dapat menambah rasa mual.

Menghirup aroma terapi

Saat merasa mual, coba atasi dengan aroma terapi dengan cara meneteskannya pada selembar tisu dan kemudian menghirupnya, hal ini sangat membantu dalam mengatasi rasa mual.

Nah, itulah beberapa tips untuk mengatasi morning sickness. Jadi, jangan cemas atau bingung ya Ladies kalau mengalami rasa mual dan ingin muntah, cukup ikuti tips-tips di atas.

(vem/ris/and)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading