Sukses

Parenting

Hindari Kegemukan Pada Bayi Dan Balita Dengan Tips Ini

Kebanyakan ibu-ibu memberi makan anak mereka yang penting banyak, sehingga si anak akan kenyang. Apakah Anda perlu khawatir akan kegemukan pada bayi Anda? Anda tidak perlu khawatir setelah mengikuti tips ini, bunda. Mengurangi kalori di tahun pertama si kecil akan membuat pertumbuhan fisik dan perkembangan otaknya terhambat. Dilansir dari parenting.com, ini tips supaya si kecil tumbuh sehat.

Mengetahui tanda-tanda kenyang
"Seorang bayi menunjukkan tanda-tanda kenyang ketika ia mulai menutup matanya, melepas puting ibu saat menyusui, atau meludahkan makanan dalam mulutnya," jelas John Worobey, Ph. D., Ketua Departemen Nutrisi di Rutgers University. Kalau bayi Anda sudah mulai menunjukkan tanda-tanda ini, jangan terus menjejali mereka dengan makanan atau ASI ya bunda.

Hindari menggunakan makanan untuk menenangkan bayi
Anda harus selalu memberi makan bayi yang baru lahir saat mereka menangis karena kelaparan. Tetapi saat usia mereka mulai bertambah, jangan setiap rewel Anda memberi mereka makan supaya si kecil tenang. Berilah makan anak secara teratur seperti yang biasa Anda lakukan.

Mulai membiasakan makanan padat
Tahun pertama si bayi akan didominasi dengan mengonsumsi ASI atau susu formula. Tapi sejak usia 6 bulan, bayi boleh diperkenalkan makanan yang agak padat seperti bubur. Hal ini untuk memperkenalkan si kecil agar nantinya terbiasa mengonsumsi makanan padat, bunda.

Mengingat berat lahir bayi Anda
Simpanlah sebuah barometer pada pikiran Anda dengan mengingat berat si kecil saat lahir. Memasuki usia 4 bulan, berat bayi yang ideal adalah 2x beratnya saat lahir. Konsultasikan dengan dokter anak, jika berat badan bayi Anda lebih dari 2x beratnya saat lahir untuk menghindari obesitas.

Perhatikan pola makan anak ya bunda. Anak sehat, Anda pun senang. :)

(vem/and)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading