Sukses

Parenting

Agar Bayi Tidak Mudah Sakit Saat Musim Hujan

Saat musim hujan, penyakit yang mudah hinggap ke tubuh sang buah hati adalah pilek dan influenza. Tahukah Anda, Bunda, bahwa ternyata tidak ada hal yang bisa melindungi putra-putri Anda dari penyakit yang mudah menyebar saat musim penghujan ini?

Hal tersebut karena virus dari penyakit tersebut dapat menyebar melalui udara dan itu sangat mudah terjadi. Tapi jangan khawatir karena berikut ini akan dibahas beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk meminimalisir kemungkinan tertularnya buah hati Anda dengan penyakit-penyakit tersebut.

Sering mencuci tangan

Yang pertama adalah mencuci tangan Anda dan tangan buah hati Anda. Dengan melakukan hal tersebut, akan memperkecil kemungkinan buah hati Anda untuk terkena virus atau kuman penyebab flu dan pilek.

Sering-seringlah mencuci tangan buah hati Anda terutama jika ia suka memasukkan benda-benda ke mulutnya. Selain itu, cucilah tangan Anda sebelum menggendong bayi serta setelah mengganti popoknya. Ingatkan pula pada pengasuhnya atau anggota keluarga yang lain untuk melakukan hal serupa.

Pastikan lingkungannya steril

Jika Anda menitipkan bayi Anda di tempat penitipan, pastikan bahwa para pengasuh bayi juga sering melakukan cuci tangan atau bahkan mewajibkannya. Pastikan juga bahwa tempat tersebut memisahkan antara anak-anak yang sakit dengan yang sehat agar sakitnya tidak menular.

Tingkatkan kekebalan tubuhnya secara alami

Hal berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah meningkatkan daya tahan tubuh secara alami. Bagi balita berusia di bawah enam bulan, makanan terbaik yang dapat menjaga daya tahan tubuhnya adalah ASI, Bunda. Jika ia telah mengonsumsi makanan pendamping ASI, pastikan makanan tersebut sehat. Selain itu, perbanyak juga asupan buah serta sayur yang banyak mengandung vitamin A, C, D, E serta omega 3.

Itulah beberapa tips dalam menjaga kesehatan buah hati di musim penghujan. Semoga bermanfaat!

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading