Sukses

Parenting

Ibu Hebat, Ini Cara Tepat Menegur Anak Saat Mereka Melakukan Kesalahan

Ladies, memiliki anak memang merupakan hal yang paling ditunggu-tunggu oleh seluruh ibu di dunia. Setiap ibu tentu tak akan dapat bersabar lagi dalam menimang sang buah hati serta memberikan yang terbaik bagi mereka. Yah dalam arti kata lain, setiap wanita tentu bisa menjadi ibu.

Namun, apakah semua ibu bisa menjadi yang terbaik bagi sang anak? Tentu saja hal ini selalu menjadi masalah bagi ibu muda dalam mengasuh dan memberi yang terbaik bagi anak. Terutama dalam menghadapi sang anak yang katakanlah, baru melakukan sebuah kesalahan.

Tak bisa dipungkiri, setiap anak pasti akan melakukan kesalahan dalam hidupnya. Dan pada umumnya, sang ibu akan lantas memarahi anak mereka agar tak lagi melakukan kesalahan. Ladies, hal tersebut itulah yang merupakan pemahaman salah ibu-ibu terhadap anaknya yang nakal.

Pasalnya saat sedang melakukan kesalahan, anak secara tak sengaja sedang belajar dan mencoba sesuatu yang baru dalam hidupnya. Dan patut dipahami bahwa cara yang tepat dalam menegur anak bukanlah dengan kalimat kasar dan juga nada yang keras. Namun dengan mengajak mereka berbicara dari hati ke hati.

Karena, semakin anak sering dimarahi, mereka akan semakin menjadi pribadi yang minder dan tak percaya diri nantinya. Ditambah, buah hati juga akan menjadi sosok yang tak berani dalam mencoba hal baru yang ada di sekitarnya. Memang saat kita marah, maksud hati ingin menjadikan anak sebagai pribadi yang lebih baik dan tertib. Namun yakinlah, marah dan membentak bukan jalan keluarnya.

Lain kali, jika anak Anda berbuat kesalahan, tanya dan bicara baik-baik padanya. Mengapa ia berbuat seperti itu dan apa dampak buruk bagi dirinya serta orang di sekelilingnya atas perbuatannya. Dan satu hal yang harus Anda berikan pada anak saat ia telah melakukan kesalahan. Yakni dengan mengajarinya untuk berpikir sekaligus mencari jalan keluar atas masalah yang telah ia perbuat. Hal ini yang nantinya akan menjadikan ia sebagai pribadi yang tegas, bijaksana dan bertanggung jawab. Be wise mother ladies :)



(vem/oem)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading