Sukses

Parenting

8 Tanda Awal Kehamilan yang Jarang Disadari Perempuan

Pada kehamilan pertama, memang tidak semua perempuan akan menyadarinya. Bahkan banyak perempuan lebih seringmenganggap dirinya sedang sakit ketika sebenarnya yang ia rasakan adalah gejala awal kehamilan. Tanda-tanda awal kehamilan tidak selalu terlihat seperti sedang hamil, contohnya seperti sekian gejala berikut ini.

 

1. Cemas

Cemas dan gelisah bisa timbul karena terlalu banyak mengonsumsi kafein atau justru karena dirimu sedang hamil. Rasa cemas dan gelisah dipicu oleh gejolak hormon di dalam tubuh yang sedang mempersiapkan dirimu untuk mengandung janin di dalam rahim. Gejala ini sangat wajar, jangan heran juga jika terkadang kecemasan berlebihan tersebut membuatmu jadi susah tidur. Berusahalah merilekskan pikiran agar  kecemasan tersebut bisa teratasi.

2. Nafsu makan meningkat

Tanda awal kehamilan lainnya bisa berupa peningkatan nafsu makan. Kamu akan menjadi lebih sering lapar, ingin ngemil ini itu, dan menginginkan makan makanan manis dan gurih di malam hari. Hal ini disebabkan karena kenaikan hormon beta hcG yang membuat perempuan jadi ingin makan. Untuk mengatasinya, lebih seringlah mengalihkan rasa lapar dengan minum air putih, ini akan membantu mengurangi nafsu makan.

3. Penciuman yang tajam

Mendadak kamu bisa mencium aroma asap rokok dari jarak yang lumayan jauh, atau aroma tubuh orang yang sedang berbicara di seberangmu. Entah bagaimana, kamu merasa sensitivitas penciuman meningkat dan bahkan bisa sangat mengganggu apalagi jika kamu tidak menyukai aroma tertentu. Jangan terlalu heran karena bisa jadi itulah tanda awal kehamilan, terutama jika kamu tidak sedang mengalami sakit tertentu. 

4. Mual dan muntah

Mual dan muntah mungkin tanda awal yang paling mudah dilihat dan dicurigai sebagai kehamilan. Mual dan muntah ini disebabkan adanya peningkatan jumlah hormon di dalam tubuh, dan bahkan akan berjalan cukup lama hingga 19 minggu. Namun tanda kehamilan ini bisa berbeda-beda kadarnya pada setiap perempuan, ada yang munculnya hanya saat pagi hari, ada yang hanya di sore atau malam hari, dan ada pula yang sepanjang hari.

Untuk mengatasi rasa mual itu, jangan biarkan perut kosong. Setidaknya selalu simpan camilan segar di mana pun kamu berada sehingga bisa mengisi perut dan membuat mual lebih mereda. Apabila mualnya terlalu mengganggu hingga tidak bisa makan apa pun, paling tidak siapkan air putih ke mana pun kamu pergi agar tidak dehidrasi. Sesuaikan dengan selera dan suhu yang membuatmu nyaman saja, boleh air hangat atau air dingin. 

5. Payudara membesar dan lembut

Jika ada perubahan pada ukuran payudara yang cenderung lebih besar dan empuk atau bahkan keras, bisa jadi itu tanda awal kehamilan. Pada umumnya payudara tidak akan mengalami penambahan ukuran begitu drastis, tapi jika kamu sampai merasakan perbedaannya, pasati ada hormon yang sedang fluktuatif di dalam tubuh. Di saat seperti ini kamu disarankan menggunakan bra yang ukurannya lebih besar dan nyaman atau bisa juga memakai maternity bra yang diperuntukkan khusus untuk ibu hamil.

6. Sering buang air kecil

Di awal kehamilan umumnya perempuan akan merasa sering ingin buang air kecil, hal ini disebabkan karena uterus berkembang sehingga menekan saluran kencing dan memicu tubuh untuk lebih sering buang air kecil. Tapi tanda ini tidak tidab-tiba muncul, umumnya akan muncul setelah adanya perkembangan janin di dalam rahim. Di minggu-minggu awal cenderung belum terasa. Untuk mencegah tidur terganggu, setidaknya sebelum tidur buang air kecil terlebih dahulu.

7. Pusing dan pening

Sebagian perempuan mengalami pusing dan pening karena perubahan hormon yang signifikan meski mungkin juga tidak selalu terjadi pada setiap perempuan. Hal ini sebenarnya disebabkan karena kamu membutuhkan oksigen yang lebih banyak atau tubuh sedang berusaha menyesuaikan diri terhadap perubahan yang akan terjadi lebih lanjut.

8. Perubahan fisik

Tanda awal kehamilan yang mungkin akan kamu benci adalah perubahan fisik seperti adanya perubahan warna miss V, lipatan tubuh lebih hitam, pinggul yang semakin berisi, kulit lebih berminyak, dan beberapa bagian tubuh yang ukurannya mulai membesar. 

Untuk lebih meyakinkan dirimu, gunakan alat tes kehamilan dan kunjungi dokter kandungan untuk mengetahui tanda awal kehamilan lainnya.

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading