Sukses

Parenting

Cara Mengajarkan Bayi Agar Tidak Takut Berenang

Berenang adalah kemampuan yang penting dan menjadi hal yang harus dipelajari sejak dini. Selain bisa dijadikan sarana olahraga an bermain, berenang akan memudahkan kehidupan seseorang. Misalnya saja dalam kondisi jatuh di sungai atau laut, orang yang bisa berenang kemungkinan besar selamat ketimbang mereka yang tidak bisa berenang.

Maka ajarkan buah hati Anda berenang sejak dini, bahkan sejak balita. Tujuannya satu, agar dia terbiasa dan tidak takut mengambang di atas air. Dilansir oleh babycentre.co.uk, inilah cara mudah mengajarkan bayi Anda berenang.

Usia 6 Minggu Sudah Bisa Kenalan Dengan Air

Bayi yang sudah berusia 6 minggu sebenarnya sudah bisa dikenalkan dengan air dan berenang. Namun banyak orang tua yang khawatir, karena sistem pernapasan bayi masih belum stabil. Maka waktu terbaik yang disarankan untuk mengajarkan bayi berenang adalah di usia 4 hingga 6 bulan. Di usia itu, bayi sudah bisa menggerakkan kaki dan tangan dengan lincah.

Latihan Dulu di Rumah

Sebelum menyentuh kolam renang, ada baiknya jika Anda mengajarkan bayi untuk terbiasa dengan sensasi kolam di rumah. Anda bisa memakai bak kamar mandi atau kolam plastik, lalu bermain bersamanya. Buatlah kegiatan ini menjadi menyenangkan, agar bayi tidak trauma. Anda juga bisa memakaikan pelampung di bagian leher bayi, sehingga dia bisa mengapung dalam air.

Batasi Waktu Renang dan Perhatikan Suhu Air

Untuk bayi, jangan terlalu lama berenang, karena tubuh mereka masih rentan dengan penyakit seperti flu dan demam. 10 menit adalah waktu yang aman untuk berenang. Anda juga harus memperhatikan suhu air, jangan terlalu dingin karena bisa membuat bayi Anda kaget.

Selalu Awasi Bayi

Di rumah ataupun di kolam renang, selalu awasi bayi Anda. Persiapan Anda harus prima, karena Anda yang akan memegang tubuhnya dan berada di dekatnya. Berenang akan selalu aman selama Anda tidak melepas pengawasan pada bayi.

Semoga tips ini bermanfaat.

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading