Sukses

Parenting

Bisakah Langsung Hamil Setelah Keguguran?

Fimela.com, Jakarta Keguguran menjadi salah satu hal yang sangat tidak diinginkan bagi siapapun. Keguguran tak jarang menimbulkan trauma yang mendalam. Butuh waktu untuk pulih secara fisik dan psikis setelah mengalami keguguran. Lalu, berapa lama sih waktu yang diperlukan untuk hamil lagi?

Perempuan yang baru saja keguguran bisa langsung hamil lagi kok Sahabat Fimela. Studi ini mengevaluasi 998 perempuan yang keguguran pada usia kehamilan kurang dari 20 minggu (termasuk keguguran spontan, ektopik dan hamil anggur yang memerlukan perawatan lanjutan). Para peneliti mengamati para perempuan tersebut selama enam siklus menstruasi setelah peristiwa keguguran, sampai mereka hamil lagi.

Ternyata ada yang hamil lagi dalam waktu kurang dari tiga bulan setelah keguguran, ada 53,2 persen yang sukses melahirkan. Bandingkan dengan hanya 36,1 persen angka sukses melahirkan bagi mereka yang menunggu lebih lama. Studi yang telah dimuat dalam jurnal Obstetrics & Gynecology edisi Februari ini menemukan, tidak ada kenaikan risiko komplikasi jika perempuan yang pernah keguguran ingin segera hamil lagi dalam kurun waktu kurang dari tiga bulan setelah keguguran.

Sebenarnya semua itu kembali lagi pada kesiapan emosional ibu. Jika ibu sudah pulih secara emosional maka tak ada alasan lagi untuk menunda memiliki momongan kembali dengan catatan tidak ada alasan fisik yang mengharuskan menunggu.

Loading