Sukses

Parenting

Bunda, Sebelum Membersihkan Telinga si Kecil, Ketahui Dulu Hal-Hal Berikut Ini

Bunda, kebersihan tubuh balita merupakan hal yang penting untuk kesehatannya. Karena si kecil masih belum dapat membersihkan tubuhnya sendiri dengan baik, orang tualah yang membantu anak-anak untuk membersihkan diri, termasuk dalam hal membersihkan telinga.

Telinga merupakan bagian vital pada tubuh manusia yang terdiri dari bagian-bagian yang rumit. Membersihkannya pun tidak boleh asal karena dapat mengakibatkan pecahnya gendang telinga dan mengakibatkan ketulian. Dilansir oleh babycenter.com, berikut tips membersihkan telinga yang benar:

  • Jangan memasukkan kapas atau apapun ke dalam liang telinga si kecil. Hal ini dapat mengakibatkan gendang telinga tertusuk dan pecah.
  • Jika Anda khawatir dengan penumpukan kotoran telinga, tanyakan kepada dokter. Jika ada penumpukan kotoran telinga yang mengkhawatirkan, dokter akan melakukan prosedur tindakan yang aman. Jadi, jangan melakukannya sendiri ya, Bunda.
  • Sebaiknya, membersihkan telinga hanya pada bagian luar. Caranya dengan menggunakan kapas yang dibasahi dengan baby oil atau kain lap yang dibasahi dengan air hangat.

Kotoran telinga (earwax atau cerumem) adalah perlindungan alami untuk saluran telinga. Umumnya kotoran telinga akan keluar sendiri pada akhirnya. Mengorek-korek kotoran telinga justru malah akan membuatnya masuk semakin jauh. Jadi, percayakan pada ahlinya untuk menangani ini ya, Bunda.

(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading